5 Tips Menabung Untuk Kamu yang Berpenghasilan Kecil

- 18 Maret 2021, 06:00 WIB
5 Tips Menabung Untuk Kamu yang Berpenghasilan Kecil.*
5 Tips Menabung Untuk Kamu yang Berpenghasilan Kecil.* /pixabay/ nattanan23

BERITA DIY - Tips menabung untuk kamu yang berpenghasilan kecil. Jika kamu termasuk orang yang menerima gaji tak terlalu banyak di setiap bulannya, berhati-hatilah dan jangan mudah terlena dengan keinginan anda untuk menghambur-hamburkannya. Rencana keuangan bulanan sangat penting untuk dibuat.

Rencana keuangan tersebut meliputi pengeluran wajib, hutang, pengeluaran harian dan tabungan. Menabung sangat penting bagi masa depan anda, berapapun penghasilan yang anda dapatkan.

Anda dapat menggunakan uang tabungan anda untuk membeli barang atau hal yang sangat anda inginkan.

Baca Juga: Nilai Tukar Rupiah di Tengah Pilpres AS, Menguat 1,12 Persen Terhadap Dolar

Berikut tips menabung bagi anda yang memiliki penghasilan kecil.

  1. Menyusun Target Pribadi

Tetapkan nominal uang yang ingin anda tabung dan pisahkan uang tersebut dengan uang yang akan anda gunakan untuk keperluan sehari-hari. Anda dapat memulai dari nominal terkecil seperti Rp50 ribu per bulan atau Rp100 per bulan. Selain itu, anda juga dapat menabung dengan sistem persen gaji, misal anda menabung sebanyak 30% dari penghasilan anda.

  1. Tetapkan Nominal Tabungan dan Jangka Waktu Menabung

Anda harus menentukan besaran nominal yang akan tabung dan jangka waktu menabung. Misalnya, anda ingin mengumpulkan Rp12 juta selama 2 tahun berarti anda harus menabung setiap hari sebanyak Rp16 ribu. Anda juga menyisihkan pengeluaran harian anda setiap harinya. Misalnya setiap hari anda menghabiskan Rp50 ribu, gunakanlah sebanyak Rp40 ribu dan tabunglah sebesar Rp10 ribu.

Baca Juga: 8 Tips Menurunkan Berat Badan, Salah Satunya Menjaga Kualitas Tidur

  1. Tentukan Tujuan Menabung dan Tempelkan pada Celengan

Tujuan ini membuat anda memiliki motivasi untuk tetap menabung karena hal yang ingin anda capai. Jika anda sudah menentukan tujuan tersebut dan anda akan menabung dengan cara manual, tuliskan tujuan anda pada secarik kertas dan tempelkan pada celengan anda.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x