Macam-macam Beras dan Manfaatnya yang Jarang Diketahui Orang

- 12 Februari 2021, 17:13 WIB
4 Jenis Beras yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Beras Hitam
4 Jenis Beras yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Beras Hitam /Pexels/Suzy Hazelwood

BERITA DIY – Selama ini orang-orang hanya mengetahui jenis beras adalah beras putih dan beras merah. Beras yang dimasak akan menjadi nasi, diperkaya dengan  sumber karbohidrat yang utama. Meskipun dijaman sekarang banyak makanan pengganti karbohidrat tetapi nasi tidak pernah hilang dari masyrakat.

Beras pada umumnya tumbuh sebagai tanaman tahunan. Tanaman padi bisa tumbuh hingga setinggi 1-1,8 meter, daunnya panjangn dan ramping dengan ukuran panjang 50-100 cm dan lebarnya 2-2,5 cm. Beras yang biasanya dikonsumsi berukuran panjang 5-12 mm dan tebal 2-3 mm.

Saat tubuh mengkonsumsi nasi, tubuh akan mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Glukosa adalah zat yang paling banyak digunakan di sel-sel tubuh.

Baca Juga: Innalillahi wa Innailaihi Rojiun, Hidayat Nur Wahid Berduka: Semoga Allah Karuniakan Husnul Khatimah

Berikut adalah 4 jenis nasi yang sehat bagi tubuh kita yang dikutip oleh Berita DIY dari the Healthy:

  1. Nasi putih / beras putih

Beras putih aalah beras yang dalam prosesnya telah menghilangkan sekam, bibit gandum dan dedak.Dengan adanya proses tersebut beras telah kehilangan serat, vitamin B dan mineral.

Nasi putih merupakan nasi yang banyak digemari masyarakat luas karena mudah didapat, memiliki harga yang terjangkau, dan saat dicampurkan dengan sayur dan lauk apapun tetap nikmat saat dihidangkan.

  1. Nasi merah / beras merah

Untuk membuat beras merah hanya menghilangkan lapisan luar atau biasa disebut lambung. Beras merah adalah biji-bijian utuh.

Baca Juga: Innalillahi Mantan Menteri Agama Mendadak Berduka Cita, Lukman Hakim Syaifuddin: Selamat Berpulang Mas Prie

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: The Healthy


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah