Diperingati Setiap Tanggal 9 Desember, Berikut Sejarah Hari Antikorupsi Sedunia: HAKORDIA

- 8 Desember 2020, 18:10 WIB
Ilustrasi Sejarah Hari Anti Korupsi Sedunia-HAKORDIA.
Ilustrasi Sejarah Hari Anti Korupsi Sedunia-HAKORDIA. /PIXABAY/mohamed_hassan

BERITA DIY-Tahun ini, Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) jatuh pada Rabu, 9 Desember 2020. HAKORDIA juga disebut Hari Anti Korupsi Internasional atau International Anti-Corruption Day.

Sejarah HAKORDIA dimulai pada 31 Oktober 2003 lalu, dimana Sidang Umum menyetujui konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Melawan Korupsi (United Nations Convention Againts Corruption-UNCAC).

Melalui resolusi 58/4, Majelis PBB kemudian menetapkan 9 Desember sebagai Hari Anti Korupsi Internasional (International Anti-Corruption Day) yang kemudian dikenal sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA).

Baca Juga: Link Download LOGO HAKORDIA Hari Anti Korupsi Sedunia 2020

Meski konvensi tersebut telah dimulai pada 31 Oktober 2003, namun peringatan Hari Anti Korupsi International mulai diberlakukan pada bulan Desember.

Sekretaris Jenderal PBB kemudian menunjuk Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (United Nations Office on Drugs and Crime-UNODC) sebagai secretariat Konferensi Konvensi Negara Pihak.

Untuk itu, dalam hal ini Badan Program Pembangunan PBB bersama Badan PBB Urusan Narkoba dan Kejahatan berada di garis depan terkait upaya PBB melawan Korupsi ini.

Baca Juga: Daftar BPUM Tapi NIK KTP Tak Ada di Link Cek BLT Bantuan UMKM eform.bri.co.id/bpum? Lakukan Cara Ini

Tahun ini, HAKORDIA di Indonesia diperingati pada Rabu, 9 Desember 2020, dengan tema Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi.

Sesuai dengan Surat Edaran tentang Himbauan Penyelenggaraan Kegiatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA), Nomor 30 Tahun 2020, HAKORDIA sendiri merupakan upaya penyadaran publik bahwa korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang harus dihadapi dengan cara yang luar biasa.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x