BI Resmi Luncurkan Uang Kertas Pecahan 75 Ribu, Begini Cara Mendapatkanya

- 17 Agustus 2020, 14:51 WIB
Ilustrasi pembukaan peluncuran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI
Ilustrasi pembukaan peluncuran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI /Bank Indonesia

BERITA DIY - Bank Indonesia (BI) secara resmi meluncurkan uang pecahan dengan nominal 75 ribu. Peluncuran dilakukan secara virtual melalui fitur Live Streaming Instagram @bank_indonesia pada Senin, 17 Agustus 2020 pukul 11.15 WIB.

Bank Indonesia bersama Pemerintah dalam hal ini Kementrian Keuangan RI merilis uang rupiah edisi khusus dalam menandai sebuah era baru perjalanan kemerdekaan bangsa.

Mentri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dalam live Instagram mengatakan "Pengeluaran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI bukan merupakan pencetakan uang baru yang ditujukan untuk peredaran secara bebas dan tersedia di masyarakat, dan bukan juga sebagai tambahan likuiditas untuk kebutuhan pembiayaan atau pelaksanaan kegiatan ekonomi, namun peluncuran uang rupiah khusus tersebut dilakukan dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan khusus, yang dalam hal ini adalah peringatan kemerdekaan RI ke 75 tahun".

Baca Juga: Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat NTT di Upacara 17 Agustus 2020, Ini Maknanya

Ilustrasi mata uang baru yang duluncurkan
Ilustrasi mata uang baru yang duluncurkan Bank Indonesia

"Mata uang ini berbentuk uang kertas pecahan nominal 75 ribu rupiah dengan jumlah lembar yang dicetak sebanyak 75 juta yang ditangani Mentri Keuangan selaku Wakil Pemerintah dan Gubernur Bank Indonesia" imubuhnya. 

Dijelaskan juga filosofi gambar yang digunakan yaitu, sebagai momentum mensyukuri kemerdekaan Indonesia di dalam mata uang ini digambarkan dengan peristiwa pengibaran bendera pada saat proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945, foto Dr. Ir. H. Soekarno dan Dr. Drs. H. Mohammad Hatta serta Gunungan memiliki filosofi pembuka dan permulaan lembaran baru bagi Negara RI yang baru saja di proklamirkan.

Sambutan dan penjelasaan filosofi selanjutnya dilanjutkan oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Baca Juga: Akui Indonesia Merdeka, Bendera Merah Putih Berkibar di Lebanon

Halaman:

Editor: Kamila Astrilia

Sumber: Bank Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x