Syarat agar Dapat Set Top Box Gratis untuk Pindahkan TV Analog ke Digital

- 24 Februari 2022, 17:36 WIB
Ilustrasi - Syarat agar mendapat Set Top Box TV Digital gratis, salah satu syaratnya adalah harus Warga Negara Indonesia (WNI).
Ilustrasi - Syarat agar mendapat Set Top Box TV Digital gratis, salah satu syaratnya adalah harus Warga Negara Indonesia (WNI). /PIXABAY/AMDC

BERITA DIY – Simak syarat agar mendapat Set Top Box TV Digital gratis untuk pindahkan TV Analog ke TV Digital.

Telah diketahui bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyiapkan piranti Set Top Box (STB) yang nantinya akan dibagikan secara Cuma-Cuma kepada masyarakat tidak mampu.

Hal tersebut dilakukan guna untuk menyongsong tahap pertama Analog Switch Off atau disingkat ASO. Untuk target penerima sebanyak 6,7 juta keluarga miskin akan mendapatkan subsidi alat untuk menonton atau menyaksikan siaran TV digital.

Baca Juga: Link Download Cek Bansos Daftar DTKS Kemensos Jadi Penerima Set Top Box STB Kominfo 2022

Tahap pertama ASO dimulai pada 30 April 2022. Mulai tanggal tersebut seluruh siaran TV analog akan dimatikan di wilayah yang masuk jadwal ASO tahap I.

Lantas, langkah apa yang harus diambil agar bisa mendapatkan STB tersebut? Untuk langkah awal yang diambil masyarakat agar mendapat STB tersebut harus masuk dalam DTKS Kemensos. Minimal dalam satu keluarga tersebut memiliki satu unit TV analog.

Jadi diharapkan bagi masyarakat yang terdaftar di DTKS yang ingin mendapatkan STB ini harus proaktif mengecek data DTKS. Perlu diketahui bahwa pemberian alat ini merupakan salah satu kategori bantuan sosial (bansos).

Baca Juga: Cara Dapat Set Top Box Gratis dari Kominfo Lengkap Serta Cara Pindah dari TV Analog ke Digital

Lalu bagaiman cara mendaftar bansos tersebut? Dikutip dari Indonesia.go.id masyarakat dapat mendaftar bansos online dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu di aplikasi playstore pada gawai masing-masing.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x