Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal PAT Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 8 SMP MTs Semester 2

- 2 Juni 2022, 08:45 WIB
ilustrasi kunci jawaban dan pembahasan soal penilain akhir tahun (PAT) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 8 SMP/MTs semester 2 tahun 2022.
ilustrasi kunci jawaban dan pembahasan soal penilain akhir tahun (PAT) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 8 SMP/MTs semester 2 tahun 2022. /PEXELS/Tirachard Kumtanom

BERITA DIY – Berikut kunci jawaban dan pembahasan soal penilain akhir tahun (PAT) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 8 SMP/MTs semester 2 tahun ajaran 2022.

PAT adalah singkatan dari penilaian akhir tahun sebagai salah satu tolak ukur pemahaman siswa SD. SMP atau SMA dalam setahun ajaran. Dalam penilaian tidak hanya, PAT, tetapi juga ada penilain akhir semester (PAS) dan penilaian tengah semester.

Baik PAT, PAS atau PTS, ujian yang diberikan hampir sama, yakni mata pelajaran yang sudah dibahas sebelum ujian. Jika PAT meliputi mata pelajaran selama satu tahun, sedangkan PAS mata pelajaran hanya satu semester, dan PTS hanya mata pelajar selama setengah semester yang diujikan.

Baca Juga: Contoh Soal UAS IPA Kelas 8 SMP Uraian Semester 2 Beserta Kunci Jawaban: Gaya Tekanan dan Sistem Respirasi

Soal PAT ini diambil dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sesuai kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang masih digunakan sampai 2022.

Semua sekolahan setingkat SMP kelas 8 akan menggunakan buku ini untuk panduan belajar mengajar di sekolah. Sedangkan, kunci jawaban dan pembahasan diharapkan siswa atau pendamping siswa memiliki sudut pandang lain mengenai penyelesaian soal.

Dengan adanya kunci jawaban dan pembahasan soal PAT Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 8 SMP/MTs Semester 2 ini, siswa bisa memiliki gambaran mengenai penyelesaian soal ujian serta pendamping siswa memiliki sudut pandang penyelesaian soal ujian.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Uji Kompetensi Halaman 245 - 246 Lengkap dengan Pembahasan

Untuk kunci jawaban dan pembahasan soal PAT Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 8 SMP/MTs semester 2 tahun ajaran 2022 dikutip BERITA DIY dari alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Sebelas Maret, Ayu Dewanti, S.Pd.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x