Bagaimana Jika Lupa Doa Qunut Saat Sholat Subuh? Ini Dia Lafaz Doa Sujud Syahwi Arab, Latin, Indonesia

- 9 April 2022, 04:30 WIB
Simak tata cara dan bacaan doa qunut untuk shalat subuh yang tersaji dalam lafaz bahasa Arab, latin, serta terjemahan bahasa Indonesia.
Simak tata cara dan bacaan doa qunut untuk shalat subuh yang tersaji dalam lafaz bahasa Arab, latin, serta terjemahan bahasa Indonesia. /PEXELS/Monstera

BERITA DIY - Simak tata cara dan bacaan doa qunut untuk sholat subuh yang tersaji dalam lafaz bahasa Arab, latin, serta terjemahan bahasa Indonesia.

Membaca doa qunut dilakukan saat mendirikan sholat subuh. Namun, masih ada perbedaan pendapat mengenai hukum membaca qunut tersebut.

Pendapat pertama menyebut bahwa membaca qunut dalam shalat tidaklah sesuai dengan syariat Islam. Karenanya, hukumnya menjadi tidak wajib.

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut yang dibaca saat Salat Subuh i'tidal Rakaat Kedua Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Pendapat kedua menyebut qunut memiliki hukum sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan sehingga ketika lupa, Anda mesti melakukan sujud syahwi.

Pendapat kedua ini disepakati oleh para ulama madzhab syafi'i serta para ulama madzhab maliki. Hal itu merujuk pada hadits Nabi Muhammad Saw:

مَا زَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ فِيْ صَلاَةِ الْغَدَاةِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam senantiasa melakukan qunut pada salat Subuh sampai beliau meninggalkan dunia” (HR. Ahmad).

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut, Arab, Latin, Terjemahan, Tersaji Pula Tata Cara Baca Untuk Munfarid dan Jamaah

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x