Bacaan, Arti dan Manfaat Membaca Doa Qunut Lengkap dengan Penjelasannya

- 28 Oktober 2021, 21:00 WIB
Ilustrasi - Bacaan doa Qunut serta arti dan penjelasan lengkapnya.
Ilustrasi - Bacaan doa Qunut serta arti dan penjelasan lengkapnya. /UNSPLASH/masjidmpd

BERITA DIY - Berikut bacaan, arti dan manfaat membaca doa Qunut. Simak artikel ini untuk mengetahui penjelasan lengkapnya.

Doa Qunut sejatinya merupakan salah satu amalan yang dilakukan dalam sholat subuh terutama bagi umat muslim yang bermadzhab Syafi’i dan Maliki.

Sebagaimana tercantum dalam hadist yang diriwayatkan dari Anas bin Malik:

"Rasulullah SAW senantiasa melakukan qunut pada sholat subuh sampai beliau meninggalkan dunia," (HR. Ahmad).

Baca Juga: Doa Selamat Dunia Akhirat agar Terlindung dari Neraka dan Menghadapi Sakaratul Maut: Arab, Latin, dan Artinya

Imam Nawawi dalam pendapatnya menjelaskan terkait hukum membaca doa qunut saat sholat subuh adalah sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan.

Menurut Imam Nawawi, meninggalkan doa qunut memang tak membatalkan sholat subuh. Tetapi dianjurkan sujud sahwi ketika tidak membaca doa qunut pada saat sholat subuh, baik secara sengaja maupun tidak.

Sementara dalam hadist lain, bacaan Qunut tidak dianjurkan menurut Madzhab Hanbali dan Hanafi. Oleh karenanya, penggunaan doa Qunut didasarkan pada tiap madzhab yang diikuti.

"Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak berqunut saat sholat fajar (salat subuh), kecuali ketika mendoakan kebaikan atau keburukan untuk suatu kaum," (HR Muslim).

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah