Hari Ini KPK Panggil Saksi Kasus e-KTP yang Melibatkan Mantan Dirut PNRI

- 14 Oktober 2020, 16:54 WIB
ILUSTRASI KPK.*
ILUSTRASI KPK.* /Antara/Benardy Ferdiansyah/

BERITADIY - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini, Rabu, 14 Oktober 2020 telah memanggil mantan Staf Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Husni Fahmi untuk penyelidikan lebih lanjut kasus korupsi pengadaan paket penerapan KTP-elektronik (e-KTP.

Husni dijadwalkan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Direktur Utama Perum Percetakan Negara RI (PNRI) dan mantan Ketua Konsorsium PNRI Isnu Edhi Wijaya (ISE).

"Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk tersangka ISE," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, di Jakarta, Rabu, 14 Oktober 2020 dilansir dari Antara.

Baca Juga: Berita Baik! Tingkat Kesembuhan Covid-19 di Indonesia Capai 77,3%, Begini Penjelasannya

Husni yang juga mantan Ketua Tim Teknis Teknologi Informasi Penerapan e-KTP merupakan salah satu tersangka dalam kasus tersebut. Namun, penyidik hari ini memanggilnya dalam kapasitas sebagai saksi.

Selain Isnu, KPK pada 13 Agustus 2019 juga telah mengumumkan tiga tersangka baru dalam pengembangan kasus e-KTP, yakni anggota DPR RI 2014/2019 Miriam S Hariyani (MSH), Direktur Utama PT Sandipala Arthaputra Paulus Tannos (PST), dan Husni Fahmi (HSF).

Adapun peran dari tersangka Isnu disebut bahwa pada Februari 2011 setelah ada kepastian akan dibentuknya beberapa konsorsium untuk mengikuti lelang KTP-el, pengusaha Andi Agustinus dan tersangka Isnu menemui mantan pejabat Kemendagri Irman dan Sugiharto agar salah satu dari konsorsium apat memenangkan proyek KTP-el.

Baca Juga: Dana Hibah Pariwisata Rp3,3 Triliun Segera Disalurkan Pemerintah, Begini Proses Pencairannya

Atas permintaan tersebut, Irman menyetujui dan meminta komitmen pemberian uang kepada anggota DPR RI. Kemudian tersangka Isnu, tersangka Paulus, dan perwakilan vendor-vendor lainnya membentuk Konsorsium PNRI.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x