Sekarang Tes PCR dari Indofarma Cuma Rp600 Ribu Saja, Lebih Murah dari Harga Standar Kemenkes

- 5 Oktober 2020, 18:29 WIB
Mobile PCR dari Indofarma untuk tes Covid-19 seharga Rp600 ribu
Mobile PCR dari Indofarma untuk tes Covid-19 seharga Rp600 ribu /EVIYANTI/PR

BERITA DIY - Kementrian Kesehatan dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebelumnya sudah menetapkan biaya untuk pemeriksaan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk seluruh wilayah di Indonesia paling tinggi Rp900 ribu.

Kini Indofarma telah menyediakan layanan mobile tes PCR seharga Rp600 ribu untuk per tes. Harga yang diberikan Indofarma jauh di bawah standar harga tertinggi yang ditetapkan Kemenkes.

Direktur Utama PT Indofarma Tbk, Arief Pramuhanto menyampaikan layanan mobile tes PCR ini siap memberikan layanan kepada masyarakat bahkan hingga pelosok untuk mendeteksi Covid-19 seharga Rp600 ribu per tes, bahkan lebih murah.

Baca Juga: Fraksi Partai Demokrat Walk Out dari Sidang Paripurna Pengesahan RUU Cipta Kerja

“Sudah terbit dari Kemenkes bahwa harga eceran tertinggi Rp900 ribu. Kami dari BUMN farmasi siap memberikan jasa di bawah harga tersebut. Untuk yang mobile PCR, itu berkisar antara Rp600 ribu per tes, bahkan kalau jumlahnya lebih banyak, bisa Rp500 ribu per tes,” terang Arief dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin, 5 Oktober 2020 dikutip dari Antara.

Mobile PCR ini menggunakan fasilitas layanan keliling dengan mobile diagnostic berbentuk kendaraan roda empat. Harapannya dengan fasilitas tersebut bisa menjangkau daerah pedesaan.

Baca Juga: Kabar Baik! Pemerintah Atur Harga Swab Test, Paling Mahal Rp 900 Ribu

Mobile PCR yang bisa masuk ke wilayah pedesaan nantinya bisa membantu pemerintah daerah untuk mendeteksi kasus Covid-19 di wilayah mereka.

Arief juga menuturkan kalau banyak pemerintah daerah (Pemda) yang sulit untuk mengakses tes PCR, pun hasil tes PCR yang bisa didapat setelah tes memakan waktu seminggu atau dua minggu kemudian.

Mobile PCR ini diharapkan bisa memangkas akses tes PCR yang sulit dan mempercepat hasil tes Covid-19 keluar lebih cepat.

Halaman:

Editor: Ina Nurhayati

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x