Peringatan Dini Tsunami 20 Meter Bisa Terjadi, Begini Cara Selamatkan Diri Dari Tsunami

- 4 Oktober 2020, 06:40 WIB
Ilustrasi terjadinya tsunami besar.
Ilustrasi terjadinya tsunami besar. /pikiran-rakyat.com

BERITA DIY - Publik beberapa waktu lalu dihebohkan dengan kabar Pulau Jawa yang akan terkena tsunami 20 meter. Kabar ini muncul ke publik setelah beberapa ahli ITB melakukan penelitian perihal tsunami.

Penelitian tentang tsunami 20 meter yang akan menghantam Pulau Jawa ini dilakukan oleh Ron Harris (2017 - 2019), Widjo Kongko (2018), dan yang terakhir oleh tim lintas lembaga yang dipimpin oleh ITB dan didukung oleh BMKG.

Melansir dari Portal Jember, penelitian ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila bencana tsunami 20 meter ini menghantam Pulau Jawa.

Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya Dengan Judul:Tsunami 20 Meter Pulau Jawa Bisa Terjadi, BMKG Sebarkan Info Cara Selamatkan Diri dari Tsunami

Baca Juga: Hati-hati dan Waspada, 14 Wilayah Ini Berpotensi Terdampak Tsunami 12 Hingga 20 Meter

“Hasil penelitian tersebut diperlukan untuk menguatkan sistem mitigasi gempabumi dan peringatan dini tsunami,” siaran pers yang ditulis BMKG di akun twitter @infoBMKG.

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa potensi gempabumi dan tsunami ini tak hanya di Pulau Jawa saja.

“Mengingat potensi kejadian gempabumi dan tsunami di Indonesia tidak hanya berada di pantai selatan Jawa saja, namun berpotensi terjadi di sepanjang pantai yang menghadap Samudera Hindia dan Samudera Pasifik,” tulis pihak BMKG.

Baca Juga: Peneliti ITB Ungkap Tsunami 20 Meter di Pantai Selatan Jawa Baru Terjadi Jika Syarat Ini Terpenuhi

Halaman:

Editor: Galih Nur

Sumber: Portal Jember


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x