58 Tahun Pikiran Rakyat Cerdaskan Kehidupan Bangsa, Adaptif dengan Teknologi Digital

- 26 Maret 2024, 09:47 WIB
58 Tahun Pikiran Rakyat (24 Maret 1966 - 24 Maret 2024)
58 Tahun Pikiran Rakyat (24 Maret 1966 - 24 Maret 2024) /Pikiran Rakyat/

BERITA DIY – Harian Umum Pikiran Rakyat genap berusia 58 tahun pada 24 Maret 2024 lalu. Usia yang tidak muda bagi pelaku industri media di Indonesia.

Pikiran Rakyat terus perkembang pesat di tengah kemajuan teknologi digital saat ini, serta tetap setia membersamai para pembaca di Indonesia.

Komisaris Pikiran Rakyat Bandung, Januar Primadi Ruswita menyebut Harian Umum Pikiran Rakyat bisa adaptif dengan dinamika industri media masa saat ini, serta bukan sekadar surat kabar yang memuat berita dan informasi.

“Tetapi sudah menjadi bagian agen perubahan kehidupan yang lebih baik serta turut serta mencerdaskan bangsa. Berita dan informasinya mengedepankan jurnalisme berkualitas dan bertanggung jawab. Serta bisa menjadi rujukan publik dan para pemangku kepentingan,” katanya.

Baca Juga: Hasil Survei Imogen Tak Sesuai Fakta, Forum Pimred Pikiran Rakyat Media Network Ajukan Keberatan

Perkembangan teknologi yang signifikan dua dekade terakhir juga menjadi momentum Pikiran Rakyat untuk berubah. Pikiran Rakyat beradaptasi dengan segala perkembangan zaman dari dekade ke dekade yang lainnya.

“Di sinilah kita mesti beradaptasi dan bertransformasi ke media digital. Artinya, media cetak tidak hilang, tetapi bertransformasi, juga mengembangkan multiplatform yang lain terutama dalam digitalnya,” ujarnya.

 

Kendati beradaptasi dengan perubahan zaman, dia menyebut ada satu hal yang tetap dipertahankan oleh Pikiran Rakyat di tengah cepatnya perkembangan zaman. Prinsip Siger Tengah menjadi hal yang selalu dikedepankan.

“Jadi, para pendiri perusahaan Harian Umum Pikiran Rakyat berkomitmen bahwa mereka berada di tengah-tengah kepentingan, istilah sundanya Siger Tengah. Kita berada di tengah-tengah berbagai tarik menarik kepentingan, bukan berarti kita tidak memihak kepada yang lebih baik. Tapi, kita berusaha untuk posisi netral, menjaga independensi kita di antara berbagai tarik menarik kepentingan,” tuturnya.

Baca Juga: Tingkatkan Profesionalisme Jurnalis, Pikiran Rakyat Media Network Gelar Uji Kompetensi Wartawan

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x