Tingkatkan Profesionalisme Jurnalis, Pikiran Rakyat Media Network Gelar Uji Kompetensi Wartawan

- 30 Maret 2021, 14:39 WIB
Peserta dan penguji Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Pikiran Rakyat Media Network (PRMN.
Peserta dan penguji Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Pikiran Rakyat Media Network (PRMN. /Dok. PRMN

BERITA DIY - Sebanyak 93 persen wartawan di lingkungan Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) beserta mitra portal lulus dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) Pikiran Rakyat, 29-30 Maret 2021. Sebanyak 12 wartawan menjalani UKW jenjang Muda dan lima di antaranya jenjang Madya.

Dari 16 peserta UKW, 15 di antaranya lulus dan hanya satu yang dinyatakan tidak lulus pada jenjang Madya. Pengumuman kelulusan disampaikan penguji dari PWI Pusat Refa Riana.

Pada UKW yang untuk kali pertama digelar ini, LUKW Pikiran Rakyat melibatkan tiga penguji kompeten dari PWI Pusat yakni Widodo Asmowiyoto, Suherlan, dan Refa Riana.

LUKW PR menggunakan modul yang sebelumnya diadopsi dari modul UKW PWI tapi telah mendapatkan penyesuaian dengan karekter portal berita online, sehingga memasukkan materi menyangkut pedoman pemberitaan media siber (PPMS) selain juga pedoman pemberitaan ramah anak (PPRA).

Baca Juga: Brilian! Bu Yeni Jebak Sumarno, Angga Ngamuk Elsa Bayar Rp500 Juta ? Ikatan Cinta Episode 221

Baca Juga: Baru dari Xiaomi, Bocoran Harga dan Spesifikasi Mi 11 Lite yang Hadir dalam 2 Versi dan 9 Pilihan Warna

 UKW pertama LUKW Pikiran Rakyat dibuka salah seorang anggota Dewan Pers Dr Asep Setiawan serta diawasi langsung oleh unsur Dewan Pers. Direktur Bisnis PT Pikiran Rakyat Bandung Januar P Ruswita membuka sekaligus menutup kegiatan UKW tersebut.

UKW ini juga diikuti oleh enam pemagang yang ke depan akan mengisi tenaga penguji di lingkungan LUKW Pikiran Rakyat. Keenamnya adalah Erwin Kustiman, Dadang Hermawan, Otang Fharyana, Hari Setiawan, Brilliant Awal, dan Sunardi Panjaitan. Para pemagang ini harus mendampingi penguji dalam tiga kesempatan UKW, sehingga layak untuk menjadi penguji UKW selanjutnya.

CEO PRMN Agus Sulistriyono memandang positif pelaksanaan UKW LUKW Pikiran Rakyat yang pertama ini.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x