Indonesia Masuk Musim Pancaroba Wilayah Ini Harus Waspadai Cuaca Ekstrem hingga Hujan Es

- 22 September 2020, 19:32 WIB
ILUSTRASI cuaca buruk
ILUSTRASI cuaca buruk //PIXABAY

BERITA DIY- Badan Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG) sudah memberikan peringatan mereka untuk masyarakat Indonesia terkait peralihan musim. BMKG memprediksi masa peralihan musim ini terjadi September-Oktober.

Dalam masa peralihan musim ini atau biasa kita kenal sebagai musim pancaroba, BMKG memperkirakan akan terjadi cuaca ekstrem bahkan ada potensi terbentu hujan es. Kondisi ini bisa berlaku di sebagian wilayah Indonesia.

“Selama bulan September-Oktober ini, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia,” tulis Kepala BMKG, Dwikorita, dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Update Perkembangan COVID-19 di Indonesia Hari Ini, 22 September 2020 DKI Jakarta Masih Teratas

Seluruh masyarakat diminta untuk waspada dengan kondisi yang akan terjadi selama musim pancaroba berlangsung. Pasalnya potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai dengan kilat, atau petir, dan angin kencang hingga puting beliung.

Bahkan berpotensi hujan es akan turun dalam beberapa pekan ke depan.

Jakarta kemarin sudah terjadi hujan lebat bahkan mengakibatkan banjir. Sudah jadi langganan memasuki musim penghujan, bencana seperti banjir, dan tanah longsor besar kemungkinan terjadi.

Baca Juga: Covid-19 Tak Kunjung Reda, Begini Tanggapan Sri Sultan

BMKG memprediksi hingga 28 September 2020 mendatang hujan lebat akan melanda sejumlah wilayah Indonesa.

Periode 22-24 September 2020:

Halaman:

Editor: Ina Nurhayati


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x