Resmi Dimuseumkan, Pesawat N250 Gatotkaca Tiba Di Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

- 22 Agustus 2020, 17:26 WIB
Ilustrasi foto Pesawat N250 beserta Bapak B.J. Habibie
Ilustrasi foto Pesawat N250 beserta Bapak B.J. Habibie /Instagram.com/@b.jhbibie&@militer.udara

BERITA DIY -  Pesawat kebanggaan Indonesia karya Alm. B.J. Habibie telah tiba di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) pada Jumat, 21 Agustus 2020 pukul 04.52, setelah sebelumnya berada di Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung.

Pesawat pertama milik bangsa yang diberi nama Pesawat N250 Gatotkaca, dibawa melalui jalur darat dari Bandung menuju Yogyakarta.

Menempuh perjalanan sejauh kurang-lebih 500 km, Pesawat N250 ini dibawa dengan sebelumnya telah dilakukan proses pembongkaran pesawat mulai dari membuka semua panel akses di bagian utama, baik itu engine, propeller, maupun struktur utama pesawat N250 seperti body, wing dan vertical stabilizer.

Baca Juga: Pamer Cincin Usai Dilamar Kekasih, Regina Ivanova: I’m Getting Married!

Pesawat yang sempat menghebohkan dunia pada tahun 1995 karena kecanggihan teknologi pada jamanya ini harus dimuseumkan setelah lebih dari dua dekade tidak beroperasi.

Menurut Kadispen TNI AU, Marsma Fajar Adriyanto, keputusan untuk memuseumkan pesawat ini adalah agar dapat dirawat dan dijadikan monumen untuk bisa dilihat masyarakat sebagai pertanda bahwa bangsa Indonesia pernah berjaya di Dirgantara. 

Dalam unggahan Instagram @militer.udara dijelaskan bahwa Pesawat N250 Gatotkaca telah tiba pada Jumat pagi dan selanjutnya akan dilakukan proses perakitan kembali oleh Sathar 15 Depohar 10 Koharmatau, untuk menempati salah satu ruang koleksi pesawat di Muspusdirla, Yogyakarta. 

Proses penerimaan Pesawat N250 Gatotkaca ini rencananya akan dilakukan secara resmi pada tanggal 25 Agustus 2020.***

Editor: MR Firmansyah

Sumber: Instagram @bpptkg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x