Benarkah Ada Baju Adat China di Uang Baru Pecahan Rp 75 Ribu? Ini Penjelasan Lengkapnya

- 18 Agustus 2020, 09:45 WIB
Uang Rp 75 ribu yang dituding ada baju adat dari China.
Uang Rp 75 ribu yang dituding ada baju adat dari China. /Twitter

BERITA DIY - Akun facebook bernama Didid Gaung mengunggah foto uang baru pecahan 75 ribu rupiah edisi spesial kemerdekaan HUT RI yang ke-75.

Dalam unggahannya, akun facebook itu mengklaim bahwa gambar pada bagian uang tersebut terdapat seorang anak yang mengenakan pakaian adat Thiongkok, China.

Begini narasi yang ditulis akun tersebut:

“PEMERINTAH SAAT INI BENARKAH ADA MENGELUARKAN UANG KERTAS BANK INDONESIA DENGAN NOMINAL PECAHAN UANG BERNILAI 75 RIBU dan ADA YANG TIDAK LAZIM KARENA DI UANG INI HANYA ADA BAJU ADAT THIONGKOK CHINA…KUMAHA TEH,KAMANA NYAK SILIWANGI…???”

Baca Juga: Maaf, Penukaran Uang Edisi Khusus Rp 75.000 Sudah Penuh Hingga 2 September

Dikutif Jurnal Garut dari Turn Back Hoax dengan judul "[SALAH] Baju Adat Tiongkok China Dalam Gambar Uang Pecahan 75 Ribu Rupiah", berdasarkan penelusuran, klaim bahwa terdapat baju adat Tiongkok, China pada gambar pecahan uang 75 ribu rupiah adalah salah.

tangkap layar postingan salah satu pengguna facebook yang menyatakan ada baju adat china di dalam gambar uang pecahan Rp 75 ribu.
tangkap layar postingan salah satu pengguna facebook yang menyatakan ada baju adat china di dalam gambar uang pecahan Rp 75 ribu. Turn Back Hoax

Faktanya, Baju tersebut merupakan baju adat dari Suku Tidung, Kalimantan Utara.

Salah satu akun facebook @/sejarahtidung turut mengunggah foto seorang anak yang memakai baju adat Suku Tidung dengan disandingkan foto uang pecahan 75 ribu rupiah.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Jurnal Garut


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x