Pertama Kali Digelar Secara Daring, Upacara HUT RI ke-75 Pecahkan Rekor Dunia

- 17 Agustus 2020, 18:17 WIB
Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia
Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia /Sekretariat Presiden/Tangkapan Layar youtube.com/ Sekretariat Presiden

BERITA DIY – Senin, 17 Agustus 2020, masyarakat Indonesia melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-75 secara daring. Upacara ini mendapatkan rekor dunia sebagai upacara pertama secara daring dengan peserta terbanyak di dunia.

Dilansir dari Antara, Senin, 17 Agustus 2020, pendiri Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), Jaya Suparana, mengatakan bahwa untuk Indonesia menjadi negara yang pertama kali melakukan upacara hari ulang tahun kemerdekaan secara daring.

“Ini bukan sekadar rekor di Indonesia, tapi rekor dunia karena belum pernah ada penyelenggaraan Hari Ulang Tahun (HUT)  kemerdekaan negara manapun diselenggarakan secara daring, maka dengan ini secara resmi, Museum Rekor Dunia Indonesia menganugerahkan piagam penghargaan kepada Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat NTT di Upacara 17 Agustus 2020, Ini Maknanya

Piagam rekor ini diserahkan dari MURI kepada Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono di kantor Kementerian Sekretariat Negara. Sekretariat Presiden disebut sebagai penyelenggara upacara yang mencatat sejarah tersebut.

Heru mengatakan bahwa terselenggaranya upacara daring tersebut karena bantuan dari sekitar 60-70 orang yang terpilih menjadi pemandu acara upacara kenaikan bendera secara daring.

Sebelumnya, pemerintah mengundang masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam upacara peringatan kemerdekaan RI ke-75 secara daring dengan menyiapkan kuota sebanyak 17.845 orang. Selain itu, terdapat beberapa pejabat pemerintahan yang menghadiri upacara secara langsung dengan total peserta upacara sebanyak 67 orang.

Baca Juga: Lirik Indonesia Raya: WR Supratman, Kongres Pemuda II, dan 3 Stanza

Upacara yang dilakukan dengan protokol kesehatan secara ketat ini dihadiri oleh Presiden Jokowi yang mengenakan busana adat kain tenun Berantai Kaif Nunkolo dari NTT.***

Editor: F Akbar

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x