HUT RI, Naskah Asli Proklamasi Bakal Ditampilkan di Istana Merdeka

- 16 Agustus 2020, 15:57 WIB
Teks proklamasi
Teks proklamasi /Istimewa/

BERITA DIY – Naskah asli teks proklamasi yang ditulis oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, akan ditampilkan di Istana Merdeka, Jakarta, besok Senin, 17 Agustus 2020. Naskah tersebut akan hadir di mimbar kehormatan  saat momentum Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung.

Naskah bersejarah yang sebelumnya disimpan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) telah diserahkan kepada Sekretariat Presiden hari ini, Minggu, 16 Agustus 2020. Setelah serah terima berlangsung, naskah otentik tersebut akan dibawa dari depot penyimpanan arsip statis ANRI menuju Istana.

“Hari ini kita saksikan bersama satu lagi perjalanan bangsa Indonesia bahwa ANRI yang telah menyimpan, merawat, dan menyelamatkan arsip negara berupa tulisan tangan Bapak Ir. Soekarno mengenai pernyataan proklamasi pada saat ini diserahkan kepada kami, Sekretariat Presiden,” ujar Rika Kiswardani, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, dilansir dari Antara, Minggu, 16 Agustus 2020.

Baca Juga: Telegram Rilis Fitur Panggilan Video, Begini Cara Pakainya

Serah terima tersebut dilakukan oleh Kandar selaku Direktur Preservasi, Deputi Konservasi Arsip ANRI, kepada Yudhi Wijayanto, Kepala Biro Umum, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden.

Setelah ditampilkan, nantinya naskah yang telah disimpan ANRI sejak 1992 ini akan dikembalikan pada keesokan harinya, Selasa, 18 Agustus 2020, kepada ANRI untuk kemudian kembali disimpan dan dirawat.[]

 

Editor: F Akbar

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x