Mengenal Sudono Salim, Orang Terkaya Indonesia yang Pernah Jadi Gembel

- 8 Agustus 2020, 17:29 WIB
Logo Bank BCA.
Logo Bank BCA. / Twitter/@HaloBCA/

 

BERITA DIY - Masyarakat Indonesia pasti tidak asing dengan perusahaan-perusahaan seperti Bank Central Asia (BCA), Indofood hingga indosiar. Perusahaan-perusahaan besar tersebut, tak lain dibangun oleh Sudono Salim.

Kesuksesannya menjadi konglomerat tidak semata-mata didapat dengan cara mudah atau secara turun temurun. Liem datang dari keluarga petani miskin di Fujian, Tiongkok. di usianya yang ke 15, hak pendidikannya kandas akibat dihantam oleh kerasnya kemiskinan. Hal ini membuatnya harus memikul tanggung jawab untuk kehidupan keluarga dengan cara berjualan mie bersama ayahnya.

Akibat tak hentinya perang antara Tiongkok dengan Jepang, serta harapan untuk mendapatkan harta orang-orang Belanda di Asia Tenggara, Liem merantau dari kampung halamannya menuju Indonesia dengan menggunakan kapal Belanda.

Ia berharap bisa menyusul kakak pertamanya, Liem Sioe Hie yang sudah lebih dulu merantau dan memiliki pekerjaan di kota Kudus, Jawa Tengah.

Baca Juga: Viral Mie Ayam dan Bakso Dijual Rp 5.000 di Yogyakarta, Seperti Apa Rasanya?

Langkah pertama Liem di Indonesia ternyata tidak berjalan dengan mulus. Ia tidak mendarat di Kudus, melainkan tiba di Surabaya. Tidak memiliki siapapun di Surabaya mengharuskan Liem menjadi gembel selama hari hingga kakaknya tiba untuk menjemputnya.

Pandai Mencari Peluang

Pria kelahiran tahun 1916 ini mengawali karir sebagai karyawan di sebuah pabrik kerupuk. Tapi, Liem tidak hanya berkutat pada pekerjaan utamanya saja. Sebagai kota penghasil cengkeh, Liem melihat terdapat peluang bisnis yang bisa ia ambil di Kudus.

Ia berhasil menjadi pengusaha cengkeh dan tembakau yang ia dapat dari Sumatera, Sulawesi dan Maluku yang ia selundupkan. di usia 25 tahun, ia berhasil menjadi salah satu bandar cengkeh terbesar di kota Kudus.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x