Survei Ipsos Terbaru: Shopee Jadi E-Commerce yang Paling Digunakan Masyarakat pada Q4 2021

- 4 Februari 2022, 08:58 WIB
E-commerce Indonesia di tahun 2021 masih didominasi tiga pemain utama yakni Lazada, Tokopedia dan Shopee. Namun dari survei Ipsos, Shopee juara e-commerce Indonesia 2021 karena paling banyak digunakan masyarakat.
E-commerce Indonesia di tahun 2021 masih didominasi tiga pemain utama yakni Lazada, Tokopedia dan Shopee. Namun dari survei Ipsos, Shopee juara e-commerce Indonesia 2021 karena paling banyak digunakan masyarakat. /Foto: Seputar Tangsel/

Jakarta, 28 Januari 2022 - Perusahaan riset pasar atau market research global, Ipsos, merilis hasil riset terbaru soal persangn industri e-commerce selama akhir tahun 2021.

Mereka melakukan penelitian terkait dengan brand e-commerce yang paling banyak digunakan masyarakat, merek yang berada di urutan pertama di benak konsumen, hingga nilai transaksi pada kuartal IV tahun 2021.

Hasilnya, Shopee menjadi brand e-commerce yang paling banyak digunakan masyarakat, mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi, menjadi top of mind, dan mencatatkan nilai transaksi terbesar pada Q4 2021. 

Baca Juga: Cara Melunasi Shopee PayLater Sebelum Jatuh Tempo, Serta Tips Agar Tak Kena Denda

Penilaian ini dilakukan dengan membandingkan beberapa brand e-commerce terbesar di tanah air seperti Shopee, Tokopedia, hingga Lazada.

“Dalam survei ini, kami menggunakan 4 indikator, yaitu BUMO (Brand Use Most Often), seberapa merek/platform mana yang paling sering digunakan, Top of Mind, merek mana yang ada di urutan pertama benak konsumen, penetrasi konsumen, seberapa banyak jumlah penggunaan dalam jumlah transaksi, dan nilai transaksi dalam tiga bulan terakhir,” jelas Andi Sukma, Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia.

Baca Juga: Cara Membuat Link Afiliasi Shopee, Bagaimana Alur Gabung dan Daftar Shopee Affiliate Bagi Pemula?

Berdasarkan hasil survei, di antara 3 pemain utama e-commerce di Indonesia, Tokopedia, Shopee, dan Lazada, diketahui bahwa Shopee menduduki peringkat pertama pada 4 penilaian indikator yang digunakan dalam survei. Adapun indikator yang digunakan:

  1. Indikator merek yang paling sering digunakan atau Brand Use Most Often (BUMO). Berdasarkan indicator BUMO ini, 54% responden memilih Shopee, disusul dengan Tokopedia (30%) dan Lazada (13%).
  2. Indikator Top of Mind, Shopee menduduki peringkat pertama 54%, diikuti oleh Tokopedia (27%) dan Lazada (12%). Artinya Shopee adalah merek atau platform e-commerce yang paling diingat oleh mayoritas konsumen Indonesia.
  3. Indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee juga berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi dalam tiga bulan transaksi, yakni 41%, diikuti dengan Tokopedia (34%) dan Lazada (16%).
  4. Indikator pangsa pasar nilai transaksi, Shopee menduduki peringkat pertama yang mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 40%. Peringkat kedua disusul oleh Tokopedia (30%) dan Lazada (16%).

Baca Juga: Cara Langganan Vidio Lewat Shopee, Bisa Diskon Rp29 Ribu Per Bulan, Lumayan Buat Nonton Timnas

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x