Lirik Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet yang Diprotes Kalangan Ulama, Lengkap Alasan Dibalik Kontroversinya

- 21 Agustus 2022, 19:39 WIB
Ilustrasi lirik lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet yang diprotes kalangan utama lengkap alasan dibaliknya.
Ilustrasi lirik lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet yang diprotes kalangan utama lengkap alasan dibaliknya. /Tangkap layar: YouTube/Aneka Safari Records

BERITA DIY – Lirik lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet yang diprotes sejumlah kalangan ulama lengkap dengan alasan dibalik penyebab kontroversi saat ini akan tersaji dalam artikel berikut.

Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet dipopulerkan oleh Aldi Embrian dan Band yang dirilis pada Maret 2022.

Lagu ini telah berhasil menyita perhatian publik hingga kerap menjadi musik latar di sosial media seperti Instagram hingga TikTok.

Joko Tingkir Ngombe Dawet memiliki lirik yang menggunakan Bahasa Jawa dan diciptakan oleh Ronald Dwi Febrianzah. Tak sedikit penyanyi yang bahkan pernah menyanyikan lagu ini seperti Yeni Inka, Happy Asmara, Cak Percil, hingga Farel Prayoga.

Baca Juga: Lirik Lagu Ojo Dibandingke, Denny Caknan dan Artinya yang Dinyanyikan Farel Prayoga Saat Bertemu Jokowi

Namun, lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet menjadi kontroversi lantara mendapat kritik dan protes dari kalangan ulama.

Lirik lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet dinilai tak pantas karena nama Joko Tingkir memiliki sejarah yang lengkat dengan para ulama.

Joko Tingkir adalah raja Kerajaan Pajang dengan gelar Sultan Hadi Wijaya dan tidak lain adalah seorang ulama besar keturunan dari Maulana Ishaq atau ayah dari Sunan Giri.

Joko Tingkir menurunkan keturunan ulama-ulama besar di Jawa seperti pendiri NU KH Hasyim Asyari yang juga kakek dari Presiden RI keempat yakni KH Abdurrahman Wahid atau yang dikenal Gus Dur.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x