Segera Lakukan Langkah-langkah Berikut Ini Setelah Lolos Seleksi Prakerja! Jangan Sampai Diblacklist

- 9 Oktober 2020, 16:31 WIB
Langkah yang harus dilakukan peserta yang lolos prakerja.
Langkah yang harus dilakukan peserta yang lolos prakerja. /Tangkap Layar Instagram @prakerja.go.id/

BERITA DIY-Program pemerintah untuk mengembangkan kompetensi pekerja yang diberikan dalam bentuk biaya atau lebih dikenal dengan Prakerja, saat ini sudah menyelesaikan pengumuman untuk gelombang 10.

Sementara itu, Kepala Komunikasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tahutu menyampaikan, peserta seleksi program Kartu Prakerja yang telah dinyatakan lolos harus segera mengikuti pelatihan, jika tidak maka akan berpotensi diblacklist atau dicabut kepesertaannya dari program Kartu Prakerja.

Saat ini, kurang lebih terdapat 270.000 peserta yang telah dicabut kepesertaannya. Angka tersebut berasal dari gelombang 1 sampai gelombang 4 sebanyak 180.000 peserta, gelombang 5 sebanyak 47.818 peserta, dan sisanya berasal dari gelombang 6.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah BPJS akan Berikan BLT Sebesar 4 Juta untuk Tiap Anggota? Begini Penjelasannya

Selain tidak mengikuti pelatihan, beberapa juga memiliki alasan seperti sudah mendapatkan pekerjaan, lupa password, dan beberapa lainnya tidak tahu langkah apa yang harus dilakukan setelah dinyatakan lolos.

Berikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan peserta program Kartu Prakerja ketika telah dinyatakan lolos seleksi agar tidak dicabut kepesertaannya atau diblacklist:

  1. Login ke akun https://dashboard.prakerja.go.id/
  2. Masukkan username dan password
  3. Apabila lupa password, klik link https://dashboard.prakerja.go.id/lupa-password, lanjutkan seperti memasukkan alamat email yang digunakan untuk mendaftar. Kemudian perbaikan password akan dikirimkan pada alamat email peserta.
  4. Setelah sukses login, website akan menampilkan laman dashboard peserta.
  5. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia.
  6. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia.
  7. Pilih pelatihan sesuai kebutuhan.
  8. Beli pelatihan dan bayar dengan Kartu Prakerja.
  9. Isi survei evaluasi pada dashboard.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap HP Poco X3 yang Dirilis Minggu Depan

Dana pelatihan dikirimkan secara bertahap ke setiap akun peserta Kartu Prakerja. Bagi peserta yang telah menerima dapat langsung membeli dan mengikuti pelatihan, sedangkan bagi yang belum menerima dapat mengecek kembali akun Prakerja peserta secara berkala.

Setiap peserta hanya diperbolehkan memilih dan mengikuti satu pelatihan saja, untuk itu peserta Kartu Prakerja diharapkan dapat memilih secara teliti dan hati-hati.

Sesuai peraturan Permenko No. 11 tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapatkan SMS pengumuman lolos dari Kartu Prakerja.***

Editor: Mufit Apriliani

Sumber: Instagram prakerja.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah