Akselerasi Ekosistem Digital Dunia Usaha Indonesia, PNM Kolaborasi Bersama Telkom Indonesia

- 8 Juli 2023, 19:48 WIB
Akselerasi Ekosistem Digital Dunia Usaha Indonesia,  PNM Kolaborasi Bersama Telkom Indonesia
Akselerasi Ekosistem Digital Dunia Usaha Indonesia, PNM Kolaborasi Bersama Telkom Indonesia /Dok. BRI

BERITA DIY – PNM kuatkan sinergi dengan Telkom Indonesia di DIGILand Conference. Dihadiri Sunar Basuki, Direktur Operasional, Digital dan Teknologi Informasi PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom Indonesia, dan F. M. Venusiana R., Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia,meresmikan kerjasama antara PNM dan Telkom Indonesia untuk meningkatkan digitalisasi para pelaku usaha mikro danultra mikro.

PNM terus berkomitmen untuk mendorong ekonomikerakyatan agar terus relevan dan tumbuh dengan kebutuhanpasar di era sekarang. Kemudahan akses dengan adanyadigitalisasi adalah satu dari sekian tren pasar yang kinidigandrungi.

Menurut Kemenkop, di akhir 2022 lalu, UMKM go digital sudah mencapai sudah mencapai 32,44%, meningkat 26,6% dari tahun sebelumnya. Pelaku usaha mikrosudah mulai bergulir di halaman e-commerce danmenggunakan transaksi cashless.

Baca Juga: PNM Bersinergi Dorong Pemasaran UMKM Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Masyarakat

Terhitung dari 14,6 juta nasabah binaan PNM di 35 provinsi, hanya 8-10% yang menggunakan Internet/Mobile Banking dan hanya 6% yang sudah berjualan di e-commerce (UGM, 2022).

Kita harus ketahui target nasabah PNM itu adalah perempuanprasejahtera yang bagi mereka untuk membuka aplikasi e-commerce saja itu sudah di atas angan-angan. Tetapi kami tetap commit untuk membantu mereka naik kelas,” paparSunar dalam diskusi DIGILand Conference 2023, ”WhatsAppCommerce menjadi salah satu bentuk aplikasi yang tepatdengan karakteristik dan kebutuhan nasabah kita, aplikasi inijuga menjadi bentuk kerjasama dengan Telkom Indonesia,sambungnya.

Kerjasama dengan Telkom Indonesia diharapkan dapatmendorong terus PNM dalam mewujudkan nasabah yang naikkelas.

Baca Juga: Community Leaders Menyapa Yogyakarta Mendorong Insan PNM Mendukung UMKM Naik Kelas

Strategi pemberdayaan PNM seperti yang Sunarsebutkan sebelumnya harus memperhatikan kemampuannasabah, pendampingan dan aplikasi yang tepat guna. Salah satunya adalah aplikasi kerjasama dengan Telkom Indonesia yakni Whatsapp Commerce.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x