Cara Daftar PKH Online 2022 Lewat HP Mudah dan Cepat Pakai Aplikasi Cek Bansos Agustus 2022 Ini

- 24 Agustus 2022, 14:26 WIB
Ilustrasi. Cara daftar bansos PKH dengan menggunakan aplikasi Cek Bansos Kemensos di HP mudah dan cepat.
Ilustrasi. Cara daftar bansos PKH dengan menggunakan aplikasi Cek Bansos Kemensos di HP mudah dan cepat. /PIXABAY/iqbalnuril

BERITA DIY - Simak cara daftar PKH online 2022 melalui HP mudah dan cepat pakai aplikasi cek bansos Agustus 2022 ini.

PKH adalah singkatan dari Program Keluarga Harapan, yaitu bantuan sosial untuk keluarga miskin atau rentan miskin. Program ini dibuat oleh Kementrian Sosial (Kemensos) yang memiliki misi agar kualitas sumber daya manusia di Indonesia meningkat.

Untuk menerima bansos PKH ini, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Lantas, bagaimanakah cara mendaftar PKH online 2022 melalui HP? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Sedang Dibuka! Ini Link Daftar Bantuan KJP, KLJ, BPNT hingga PKH Lengkap dengan Syarat dan Cara Pendaftaran

Program yang dikenal sebagai program bantuan bersyarat ini memiliki beberapa kategori penerima bantuan, yakni ibu hamil, balita, lansia, penyandang disabilitas, siswa SD, SMP, dan SMA.

Dengan adanya program ini, keluarga miskin didorong untuk memiliki akses dan mampu memanfaatkan pelayanan sosial dasar, seperti kesehatan, perawatan, pendidikan, gizi dan program perlindungan sosial.

Adapun besaran bantuan yang akan diterima setiap kategori berbeda-beda. Misalnya, untuk ibu hamil sebesar Rp 3 juta per tahun, sedangkan lansia mendapat bantuan sebesar Rp 2,4 juta per tahun.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 42 Ditutup, Hasil Seleksi Diumumkan Kapan? Ini Bocoran Daftar Penerima

Masyarakat yang akan menerima bansos PKH adalah mereka yang terdata sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Untuk mendaftarkan diri di DTKS, bisa dengan daftar lewat HP melalui aplikasi bansos.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x