Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Pertanian

- 24 Mei 2022, 11:37 WIB
Faktor yang mempengaruhi kegiatan pertanian, yakni faktor fisik dan manusia, meliputi iklim dan cuaca, irigasi, kontur tanah, hingga ekonomi
Faktor yang mempengaruhi kegiatan pertanian, yakni faktor fisik dan manusia, meliputi iklim dan cuaca, irigasi, kontur tanah, hingga ekonomi /PIXABAY/Knenori

BERITA DIY - Untuk menjadi petani yang sukses tentunya kamu harus mengetahui ilmunya. Di antaranya yang harus kamu ketahui adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kegiatan pertanian. Karena tak dapat dipungkiri kegiatan pertanian untuk setiap daerah atau negara mempunyai cara atau penanganan yang berbeda.

Ketika kamu telah mengetahui faktor penting dalam produksi pertanian, maka kamu akan menerapkannya, dalam hal ini produksi adalah hasil persatuan atau satu lahan yang panen dari seluruh luas lahan yang dipanen. Faktor penting ini terbagi dalam faktor fisik dan faktor manusia.

1. Faktor Fisik

  • Iklim dan cuaca

Suatu kegiatan pertanian memang sangat dipengaruhi oleh kondisi alam. Sehingga manusia bisa memperkirakan tanaman apa saja yang tumbuh untuk iklim atau cuaca suatu daerah. Sehingga ketika mengetahui iklimnya dingin atau tidak maka akan menentukan tanaman apa yang cocok untuk bertani.

Iklim merupakan suatu kondisi suhu suatu daerah alam waktu yang panjang. Atau biasanya untuk waktu yang diperkirakan hingga puluhan tahun.

Contohnya: Iklim di Indonesia merupakan suatu daerah yang memiki iklim panas, karena terletak pada garis khatulistiwa, sehingga menjadi daerah yang subur dengan curah hujan yang tinggi.

Sementara itu, cuaca merupakan kondisi suhu suatu daerah yang tidak tetap dan cenderung sering berubah. Contohnya, tempat kamu mungkin panas terik pada siang hari, tetapi menjelang malam terjadi hujan lebat, perubahan inilah yang dibilang cuaca yang berubah-ubah.

Sedangkan unsur-unsur iklim dan cuaca sangat dipengaruhi oleh suhu, tekanan udara, kelembapan, angin, arah pergerakan awan, hingga sinar matahari.

Jadi untuk di Indonesia yang memiliki suhu tahunan berkisar 27 derajat, maka tanaman yang cocok untuk pertanian adalah Padi, karet, kelapa sawit, hingga coklat.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x