Pakai NIK KTP, Cek Penerima Bansos Tunai di dtks.kemensos.go.id: BST Rp300 Ribu Cair Januari

- 6 Januari 2021, 08:18 WIB
Presiden Jokowi meluncurkan program Bantuan Tunai se-Indonesia berupa Program Keluarga Harapan, Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai, Senin 4 Januari 2021.
Presiden Jokowi meluncurkan program Bantuan Tunai se-Indonesia berupa Program Keluarga Harapan, Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai, Senin 4 Januari 2021. /twitter.com/@jokowi

BERITA DIY-Cek nama penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp300 ribu dari Kemensos yang cair Januari 2021 ini, dapat dicek di laman DTKS (https://dtks.kemensos.go.id), bisa pakai NIK KTP.

Masyarakat yang dinyatakan menjadi penerima Bansos Tunai BST Rp300 ribu, kemudian akan diberikan dana bantuan melalui PT.POS.

Dana bantuan BST Rp300 ribu ini direncanakan akan menyasar 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan dibagikan mulai Januari hingga April 2021 mendatang, selama 4 bulan.

Baca Juga: Ramalan ZODIAK 6 Januari 2021: CANCER Dapat Tambahan Penghasilan, Karir PISCES Meningkat

Target di bulan Januari 2021, Kemensos akan menyalurkan Bansos BST Rp300 ribu sebesar Rp3 triliun dari total anggaran sebesar Rp12 triliun untuk 10 juta KPM tersebut.

Berikut cara cek apakah masyarakat menjadi penerima Bansos Tunai BST Rp300 ribu yang cair Januari ini atau tidak, melalui laman DTKS:

  1. Klik https://dtks.kemensos.go.id
  2. Pilih satu dari tiga identitas, salah satunya memakai NIK KTP
  3. Masukkan Nama sesuai KTP
  4. Masukka kode yang tertera pada laman
  5. Klik cari

Sebelumnya, ada beberapa syarat yang dapat dipenuhi masyaraat agar bisa mendapatkan Bansos Tunai BST Rp300 ribu tersebut, yaitu:

Baca Juga: BSU Karyawan Cair Januari! Cara Cek Nama Penerima BLT Subsidi Gaji: Klik Link Ini, Rp1,2 Juta Cair

  1. Masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di Desa
  2. Kehilangan mata pencaharian di tengah pandemi Corona
  3. Tidak terdaftar menjadi penerima Bansos lain dari pemerintah pusat
  4. Jika calon penerima tidak mendapat Bansos dari program lain, namun belum terdaftar oleh RT/RW dapat mengajukan ke aparat Desa setempat.
  5. Jika calon penerima memenuhi syarat, namun tidak memiliki NIK dan KTP tetap dapat bantuan tanpa harus membuat KTP terlebih dahulu. Namun, penerima harus berdomisili di wilayah tersebut dan menuliskan alamat lengkap.

Apabila penerima sudah terdaftar dan data valid, maka BLT akan diberikan secara transfer maupun tunai

Bansos Tunai BST Rp300 ribu merupakan salah satu Bansos Tunai yang telah mulai disalurkan pada 4 Januari 2021 lalu oleh Kemensos.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani

Sumber: Kemensos dtks.kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x