Raup Cuan dari Gorengan, Ini Kisah Sukses Widi Bangun Bisnis saat Pandemi

- 18 Oktober 2020, 11:29 WIB
Widi Fajar dan usaha Tahu Kraux2-nya
Widi Fajar dan usaha Tahu Kraux2-nya /Dok Widi Fajar

BERITA DIY - Pandemi tak melulu tentang kritis, krisis dan psimis. Masih ada optimisme, harapan dan kisah inspiratif dari orang-orang sekitar. Terkadang kita perlu mendengar cerita dari orang-orang agar bisa menjadikan situasi lebih baik.

Kisah Widi Fajar Widyatmoko mungkin dapat memberikan semangat bagi banyak orang. Widi merupakan salah seorang dosen di Yogyakarta yang berhasil membangun bisnis di tengah pandemi Covid-19.

Berawal dari open order makanan untuk buka puasa pada Mei 2020 lalu, Widi Fajar dan istrinya, Yusnita, menyadari bahwa animo masyarakat terhadap gorengan ‘premium’ begitu tinggi.

Saat itu, Widi Fajar dan Yusnita menjual berbagai makanan, mulai dari kue modern, kue tradisional dan gorengan ‘premium’. Adapun gorengan yang ia buat yakni tahu kraux dan tahu walik.

Baca Juga: Ditutup Akhir November 2020, Ini Cara Lengkap Daftar Bantuan Banpres UMKM Rp 2,4 Juta

Perbedaan produk gorengan yang dibuatnya dengan gorengan lain yakni terletak pada kualitas bahan dan minyak, serta mengusung prinsip non-MSG namun tak berpengaruh pada rasa.

“Saat itu gorengan kraux-kraux  mempunyai animo pelanggan yang tinggi, ditandai dengan tingkat repeat order pelanggan yang terus menerus,” ucap Widi, Minggu, 18 Oktober 2020.

Berangkat dari situ, kemudian Widi memutuskan untuk membuat outlet di depan toko berjejaring pada Juni 2020. Dari mulai 1 outlet, dalam jangka waktu yang singkat, kini bertumbuh pesat menjadi 10 outlet pada bulan ini.

“Sebulan omset puluhan juta. Terhitung sejak bulan Juni hingga saat ini, Tahu Kraux2 telah memiliki 5 outlet yang telah berjalan dan akan menambah 5 outlet lagi pada bulan Oktober ini,” bebernya.

Baca Juga: Segera ditutup, Berikut Cara Dapat Bantuan Usaha Rp 12,5 Miliar dari Facebook! Daftar di Link Ini

Lebih lanjut, dia menjelaskan, nama Tahu Kraux2 dipilih karena suara khas orang Jawa saat memakan gorengan seperti itu. Selain itu, nama tersebut dipilih karena identik dengan suara gorengan yang menggugah selera.

Produk dari Tahu Kraux2 sendiri terdiri dari 2 jenis. Pertama yaitu Tahu Kraux, yakni tahu krispi berbahan dasar tahu putih  yang mengandung protein nabati, dibalut dengan tepung yang terdapat racikan bumbu rahasia non-MSG.

Lalu yang kedua ialah Tahu Walix Ayam dan Tahu Walix Ayam Jumbo dengan bahan utama ayam dada giling sebagai isiannya. Tahu Kraux2 juga menciptakan saus homemade, yaitu saus asam manis dan saus kacang sebagai pendamping untuk mengonsumsi varian dari produk Tahu Kraux2.***

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x