Membaca TAKBIR Tahlil Tahmid di Idul Adha Disunnahkan sampai Kapan? Ini Lafadz Takbiran Hari Raya Kurban

- 16 Juni 2024, 15:48 WIB
ILUSTRASI: Bacaan takbir, tahlil, dan tahmid Idul Adha 2024 sampai tanggal berapa.
ILUSTRASI: Bacaan takbir, tahlil, dan tahmid Idul Adha 2024 sampai tanggal berapa. /PIXABAY/Fuzz

 

BERITA DIY - Ketahui membaca takbir, tahlil, dan tahmid di Idul Adha 2024 disunnahkan sampai kapan lengkap lafadz takbiran di Hari Raya Kurban.

Adapun pelaksanaan Idul Adha 2024 akan dilaksanakan pada hari Senin, 17 Juni 2024. Hal ini juga sesuai dengan ketetapan pihak Kementerian Agama (Kemenag) yang menetapkan 1 Dzulhijjah 1445 H pada tanggal 8 Juni 2024.

 

Sementara itu, mengutip laman muhammadiyah.or.id, terdapat hadits yang menyebutkan jika membaca takbir dianjurkan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Namun ada juga yang hadits yang mengatakan bahwa membaca takbir, tahlil, dan tahmid dilaksankan setelah sholat subuh 9 Dzulhijjah.

Baca Juga: Cara Pembagian Daging Kurban Idul Adha: 1/3 Berapa Kg dan Shohibul Qurban Dapat Berapa Bagian? Ini Aturannya

Hal ini juga dijelaskan dalam sebuah Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai berikut:

"Dan beralasan pada riwayat al-Baihaqi dan ad-Daruquthni (yang mengatakan): bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. membaca takbir sesudah shalat shubuh pada hari Arafah sampai waktu ashar pada hari Tasyriq yang terakhir. Diriwayatkan juga oleh al-Hakim dari jalan lain dari Qathr ibnu Khalifah dari Abi Fadlah, dari Ali dan Ammar, al-Hakim berkata: riwayat tersebut shahih lagi dibenarkan oleh perbuatan Umar, Ali, Ibnu Abbas, dan Ibnu Mas’ud."

Maka, jika berdasarkan keterangan di atas, membaca takbir, tahlil, dan tahmid dilaksanakan sampai tanggal 13 Dzulhijjah 1445 H atau 20 Juni 2024.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah