Ini 8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat Fitrah Lengkap dengan Penjelasannya

- 1 April 2024, 16:10 WIB
Ilustrasi.8 golongan orang yang berhak menerima zakat fitrah lengkap dengan hadis dan penjelasan.
Ilustrasi.8 golongan orang yang berhak menerima zakat fitrah lengkap dengan hadis dan penjelasan. /Freepik/jcomp

BERITA DIY - Berikut ini adalah delapan golongan orang yang berhak menerima zakat fitrah lengkap dengan penjelasan setiap golongannya.

Mendekati Hari raya Idul Fitri 2024, umat Muslim yang membutuhkan akan mendapatkan zakat fitrah. Lantas, siapa saja golongan yang berhak menerima zakat?

Zakat fitrah adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan umat Muslim untuk menyempurnakan ibadahnya di bulan Ramadhan.

Selain itu, zakat fitrah juga merupakan santunan terhadap fakir dan miskin, serta sebagai penambal kekurangan dalam ibadah puasa Ramadhan.

Baca Juga: Doa Niat Zakat Fitrah Arab-Latin dan Terjemahan untuk Diri Sendiri dan Keluarga, Ini Waktu dan Besarannya

Zakat fitrah ini dibayarkan maksimal sebelum shalat Idul Fitri. Kewajiban membayar zakat fitrah dibebankan kepada setiap muslim dan muslimah, baligh atau belum, kaya atau tidak, dengan ketentuan bahwa ia memiliki kelebihan dari kebutuhan pokoknya untuk sehari.

Melansir dari lampung.nu.or.id, berikut ketentuan zakat fitrah yang didasari pada hadis Rasulullah SAW:

فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعاً مِنْ تَمَرٍ، أوْصَاعاً مِنْ شَعِيْرٍ، عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى، وَالصَّغِيْرِ وَالْكَبِيْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَأمَرَ بِهَا أنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوْجِ الناَّسِ إلى الصَّلَاةِ

Artinya: Rasulullah saw telah mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas orang Muslim baik budak dan orang biasa, laki-laki dan wanita, anak-anak dan orang dewasa, beliau memberitahukan membayar zakat fitrah sebelum berangkat (ke masjid) Idul Fitri (HR Bukhari dan Muslim).

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x