Ibu Hamil dan Menyusui Boleh Puasa? Apa Hukum Puasa untuk Mereka serta Manfaat Puasa Bagi Ibu Menyusui

- 16 Maret 2024, 12:10 WIB
Ilustrasi - Ibu Hamil dan Menyusui Boleh Puasa? Hukum Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui, Manfaat Puasa Bagi Ibu Menyusui.
Ilustrasi - Ibu Hamil dan Menyusui Boleh Puasa? Hukum Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui, Manfaat Puasa Bagi Ibu Menyusui. /Pixabay/Pexels

BERITA DIY - Simak informasi terkait ibu hamil dan menyusui boleh puasa, hukum puasa bagi ibu hamil dan menyusui, serta manfaat puasa bagi ibu menyusui.

Puasa Ramadhan menjadi hal yang wajib bagi seluruh umat islam di belahan dunia manapun.

Namun, ada beberapa orang yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa karena beberapa kondisi dan harus diganti berupa membayar fidyah atau mengqadha puasa.

Sebagai contoh ibu hamil dan menyusui, banyak yang menanyakan, apakah ibu hamil dan menyusui mendapat keringanan untuk berpuasa? Jika iya, apakah mereka wajib mengganti puasa atau membayar fidyah?

Baca Juga: 4 Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan, Perbanyak Amalan dan Pahala Berlipat Ganda

Yahya Abdurrahman Al-Khatib dalam buku Ahkam al-Mar'ah al-Hamil fi Asy-Syari'ah al-islamiyyah yang diterjemahkan Mujahidin Muhayan.

Dalam bukunya ia mengemukakan bahwa ulama sepakat atas perempuan hamil dan menyusui yang merasa khawatir kepada diri mereka, atau cemas terhadap diri dan anak mereka untuk tidak berpuasa.

Lantas dengan kesepakatan seperti itu muncul 2 solusi bagi ibu hamil dan menyusui yang tergantung situasi

Situasi dimana ibu hamil dan menyusui tidak perlu mengqadha namun perlu membayar fidyah ini sebagaimana yang terucap di surat Al-baqarah ayat 184

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x