Tata Cara Sholat Tasbih 2 Rakaat dan 4 Rakaat Disertai Bacaan Niat dan Doa Usai Sholat Tasbih

- 27 Februari 2024, 10:16 WIB
Ilustrasi - Tata cara sholat tasbih 2 rakaat dan 4 rakaat disertai bacaan niat dan doa usai menjalankan sholat tasbih.
Ilustrasi - Tata cara sholat tasbih 2 rakaat dan 4 rakaat disertai bacaan niat dan doa usai menjalankan sholat tasbih. /Pexels.com/@Alena Darmel

BERITA DIY - Simak tata cara sholat tasbih 2 rakaat dan 4 rakaat disertai bacaan niat dan doa usai menjalankan sholat tasbih dalam artikel ini.

Belum semua orang tahu apa itu sholat tasbih. Ketahui sholat tasbih merupakan salah satu sholat sunnah yang dianjurkan.

Sholat tasbih merupakan sholat yang di setiap perpindahan dari satu gerakan ke gerakan lain mengandung tasbih atau dzikir kepada Allah SWT.

Adapun waktu melaksanakan sholat tasbih ini bisa pada siang hari maupun malam hari. Jika pada siang hari diajurkan 4 rakaat, lalu pada malam hari dianjurkan 2 rakaat.

Baca Juga: Sholat Nisfu Syaban 2024 Hari Ini Dilakukan Jam Berapa? Simak Tata Cara Lengkap Bacaan Doanya

Sholat tasbih ini tertuang dalam salah satu hadist yang diriwayatkan Imam Abu Dawud, yang artinya:

Rasulullah bersabda kepada Abbas bin Abdul Muththalib, “Wahai Abbas, wahai pamanku, maukah engkau aku beri? Maukah engkau aku kasih? Maukah engkau aku beri hadiah? Maukah engkau aku ajari sepuluh sifat (pekerti)? Jika engkau melakukannya, Allah mengampuni dosamu; dosa yang awal dan yang akhir, dosa yang lama dan yang baru, dosa yang tidak disengaja dan yang disengaja, dosa yang kecil dan yang besar, dosa yang rahasia dan terang-terangan, sepuluh macam (dosa). Engkau shalat empat rakaat. Pada setiap rakaat engkau membaca al-Fatihah dan satu surat (al-Quran).

Jika engkau telah selesai membaca (surat) pada awal rakaat, sementara engkau masih berdiri, engkau membaca, ‘Subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha illa Allah, wallahu akbar sebanyak 15 kali. Kemudian ruku’, maka engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu dari ruku’, lalu ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau turun sujud, ketika sujud engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali.

Kemudian, engkau angkat kepalamu dari sujud, maka engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau bersujud, lalu ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu, maka engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Maka itulah 75 (dzikir) pada setiap satu rakaatnya. Engkau lakukan itu dalam empat rakaat. Jika engkau mampu melakukan (shalat) itu setiap hari sekali, maka lakukanlah! Jika engkau tidak melakukannya, maka (lakukan) setiap bulan sekali! Jika tidak, maka (lakukan) setiap tahun sekali! Jika engkau tidak melakukannya, maka (lakukan) sekali dalam umurmu.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x