Apa itu Virus Zombie yang muncul di Siberia diklaim Bisa munculkan Pandemi Baru

- 25 Januari 2024, 10:55 WIB
Apa itu virus 'Zombie' yang muncul di Siberia bahkan diklaim bisa munculkan wabah baru. Simak di sini untuk penjelasan lengkapnya.
Apa itu virus 'Zombie' yang muncul di Siberia bahkan diklaim bisa munculkan wabah baru. Simak di sini untuk penjelasan lengkapnya. /Pixabay / PublicDomainPictures

BERITA DIY - Apa itu virus “zombie” yang sedang ramai diperbincangkan oleh warganet. Bahkan diklaim bisa memunculkan pandemi baru. Simak di sini untuk penjelasan lengkapnya. 

Ramai diperbincangkan tentang virus “zombie” yang muncul di Arktik, Siberia ini dikatakan bisa memunculkan wabah penyakit yang besar. 

Virus zombie ini merujuk kepada istilah pada virus yang “terkubur” selama lebih dari puluhan ribu tahun lamanya, hingga disebut virus kuno. 

Karena imbas perubahan iklim, para ilmuwan khawatir bahwa virus-virus kuno yang bersembunyi di lapisan es ini akan “lepas” dan memicu wabah penyakit yang besar nantinya. 

Baca Juga: Apa Itu MPOX? Ini Penyebab, Gejala dan Pengobatan Penyakit Monkey POX Waspadai Virus Cacar Monyet

Munculnya virus yang dinamai virus zombie ini dikaitkan dengan laporan mikroba Methuselah yang saat ini sedang diisolasi oleh para peneliti dan ilmuwan. Bahkan disebutkan oleh para ilmuwan bahwa temuan ini nantinya bisa menjadi ancaman pandemi baru. 

Ancaman pandemi baru ini berasal dari virus yang memang sudah ada di masa lampau. 

Untuk meredam kekhawatiran masyarakat dunia, para ilmuwan saat ini sedang membuat perencanaan jaringan pemantauan Arktik. Selain itu, Siberia juga akan menyediakan karantina dan perawatan media bagi orang-orang yang terinfeksi virus tersebut. 

Upaya ini dilakukan agar mencegah resiko terjadinya wabah juga mencegah orang-orang yang terinfeksi virus tersebut tetap tinggal di wilayah tersebut. 

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x