Profil Masjid IKN dengan Filosofi yang Merujuk pada Nilai-nilai Al-Quran, Sanggup Menampung 61 Ribu Jamaah

- 19 Januari 2024, 10:00 WIB
Profil Masjid IKN dengan filosofi yang merujuk pada nilai-nilai Al-Quran.
Profil Masjid IKN dengan filosofi yang merujuk pada nilai-nilai Al-Quran. /BPMI Setpres/Setkab

BERITA DIY - Berikut informasi mengenai profil Masjid IKN dengan filosofi yang merujuk pada nilai-nilai Al-Quran, sanggup menampung hingga 61 ribu jamaah.

Pembangunan Masjid Negara di Ibukota Nusantara (IKN) telah dimulai dengan seremoni peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Presiden Jokowi bersama Menag Yaqut.

Pada Rabu, 17 Januari 2024, Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking di Masjid Negara IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam acara tersebut, Menag Yaqut turut mendampingi, dan sejumlah pejabat terkait, seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil, juga hadir.

Baca Juga: Jalan Tol Balikpapan ke IKN Kapan Selesai? Ini Jadwal Pembangunan Konstruksi

Masjid Negara IKN ini direncanakan mampu menampung 61 ribu jamaah dan akan dibangun dengan desain interior yang menawan, disertai dengan sejumlah embung di sekitarnya.

Mengutip dari kemenag.go.id, Presiden Jokowi juga memiliki rencana untuk membangun gereja, vihara, pura, dan kelenteng di sekitar kawasan Masjid IKN.

"Pembangunan ini akan menunjukkan keberagaman kita, namun kerukunan tetap dijaga untuk membangun persatuan di negara kita," ungkap Presiden.

Hal ini akan merepresentasikan kemajemukan Indonesia dan menjadi simbol untuk memperkuat toleransi dan moderasi beragama di Ibu Kota Nusantara.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x