Teks Khutbah Jumat Kemenag RI Beserta Doanya : Berkata yang Baik atau Diam

- 28 Desember 2023, 15:30 WIB
Ilustrasi. Teks khutbah sholat Jumat Kemenag RI lengkap beserta doanya. Berbicara yang Baik atau Diam. Simak selengkapnya di sini!.
Ilustrasi. Teks khutbah sholat Jumat Kemenag RI lengkap beserta doanya. Berbicara yang Baik atau Diam. Simak selengkapnya di sini!. /PEXELS/Mohammed Ramezani

BERITA DIY - Berikut ini merupakan contoh materi teks khutbah Jumat yang bisa dijadikan referensi. Teks khutbah Jumat ini berdasarkan versi dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Simak teks khutbah Jumat selengkapnya di bawah ini ya!. 

Seperti yang kita tahu hari esok adalah hari Jumat, dimana para umat muslim terkhusus untuk kaum laki-laki akan menunaikan sholat Jumat. Ibadah sholat Jumat ini biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid. 

Sholat Jumat ini identik dengan khutbah atau ceramah dari Khatib. Di dalam sholat Jumat sendiri terdapat dua khutbah. Khutbah pertama akan berisikan tentang ceramah oleh khatib. Sedangkan untuk khutbah kedua akan berisi dengan doa-doa. 

Bagi yang sedang mencari referensi atau bacaan khutbah sholat Jumat, simak di bawah ini untuk bacaan lengkapnya. Khutbah ini berdasar pada Kemenag RI. 

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat NU Singkat Lengkap dengan Doanya: Pemimpin di Era Politik Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW

Teks Khutbah Jumat Kemenag RI : Berbicara yang Baik atau Diam 

Adapun teks selengkapnya adalah sebagai berikut : 

Khutbah I

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه، يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَلِعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. سُبْحَانَكَ اللّٰهُمَّ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَفِيُّهُ وَخَلِيْلُه. خَيْرَ نَبِيٍّ أَرْسَلَهُ. أَرْسَلَهُ اللهُ إِلَى الْعَالَـمِ كُلِّهِ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً وَسَلَامًا دَائِمَيْنِ مُتَلَازِمَيْنِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْن. أَمَّا بَعْدُ فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْآنِ: رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ، وَاجْعَلْ لِي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الْآخِرِينَ

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x