Puasa Ayyamul Bidh Desember 2023, Simak Jadwal Puasa, Niat Puasa, Doa, dan Keutamaannya!

- 26 Desember 2023, 10:35 WIB
Ilustrasi -Puasa Ayyamul Bidh Desember 2023 yang bisa dilaksanakan mulai hari ini. Simak jadwal puasa, niat puasa, doa, dan keutamaannya di sini.
Ilustrasi -Puasa Ayyamul Bidh Desember 2023 yang bisa dilaksanakan mulai hari ini. Simak jadwal puasa, niat puasa, doa, dan keutamaannya di sini. /Pixabay/@Muhamed_hassan

BERITA DIY - Untuk para muslim, bulan Desember ini bisa melakukan sebuah puasa, bernama Puasa Ayyamul Bidh. Apa itu puasa Ayyamul Bidh dan kapan waktu pelaksanaannya? Simak selengkapnya dari mulai jadwal, niat puasa, doa, dan keutamaannya di sini!. 

Puasa Ayyamul Bidh adalah sebuah ibadah puasa yang dilakukan oleh umat muslim setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan Hijriyah. Lalu kapan puasa ini dapat dikerjakan?

Berdasarkan perhitungan kalender Hijriyah yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, Puasa Ayyamul Bidh bulan ini bisa dikerjakan oleh umat muslim pada akhir tahun ini. 

Adapun maksudkan di sini adalah, tanggal hijriyah tersebut bertepatan pada tanggal 26, 27, dan 28 Desember 2023. Yang mana, puasa bisa dimulai pada hari ini. 

Baca Juga: Hitung Mundur Puasa 2024 Ramadhan 1445 H, Kapan Idul Fitri dan Cuti Lebaran 2024 Bulan Berapa?

Hukum melaksanakan puasa ini sunnah atau wajib? Jawabannya adalah Sunnah. Dalam artian sunnah memiliki makna, bahwa bagi yang mengamalkan atau menjalankan puasa ini, maka akan mendapatkan pahala. Namun, bagi yang tidak mengerjakan puasa ini pun tidak menjadi dosa. 

Puasa Ayyamul Bidh sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW ini bersifat sunnah. Hal ini berdasarkan sebuah hadits yang berbunyi: 

“Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: ‘Rasulullah SAW telah memerintahkan untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15.” (HR Abu Dawud). 

Para muslim masih bingung tentang niat dari Puasa Ayyamul Bidh ini? Simak di bawah ini untuk niat Puasa Ayyamul Bidh. 

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x