Bacaan Takbir Idul Adha serta Amalan Sunah Saat Idul Adha 1444 H

- 27 Juni 2023, 17:54 WIB
Bacaan takbir Idul Adha serta amalan sunah saat Idul Adha 1444 H. Lengkap dengan tulisan arab dan terjemahan takbir Idul Adha.
Bacaan takbir Idul Adha serta amalan sunah saat Idul Adha 1444 H. Lengkap dengan tulisan arab dan terjemahan takbir Idul Adha. /PEXELS/mohammad ramezani

BERITA DIY - Berikut informasi mengenai  bacaan takbir Idul Adha serta amalan sunah saat Idul Adha 1444 H. Lengkap dengan tulisan arab dan terjemahan takbir.

Takbiran itu dibagi dua jika menurut waktunya. Ada takbiran yang tidak terikat waktu disebut mursal. Adapula takbiran yang terikat waktu disebut Muqayyad.

Takbir mursal menjelang idul Adha dimulai sejak tanggal 1 Dzulhijjah sampai waktu asar pada tanggal 13 Dzulhijjah. Selama tanggal 1 – 13 Dzulhijjah umat muslim baik laki-laki maupun perempuan disyariatkan memperbanyak ucapan takbir.

Takbikran bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan dalam kondisi apa saja. Boleh sambil berjalan, di kendaraan, bekerja, berdiri, duduk, ataupun berbaring. Takbiran juga boleh dilakukan di rumah, jalan, kantor, sawah, pasar, lapangan, masjid, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Bacaan Takbir Idul Adha 2023 Lengkap: Lirik Takbiran Bahasa Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia

Adapun takbiran yang terikat waktu adalah takbiran yang dilaksanakan setiap selesai melaksanakan shalat wajib. Takbiran ini dimulai sejak setelah shalat subuh tanggal 9 Dzulhijjah sampai setelah shalat Asar tanggal 13 Dzulhijjah. 

Bacaan takbir Idul Adha yang umum digunakan dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW menurut Muhammadiyah adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x