Fenomena Gerhana Bulan Penumbra 2023 Jam Berapa? Jadwal dan Cara Melihat serta Dampak Bagi Bumi

- 5 Mei 2023, 10:20 WIB
Fenomena Gerhana Bulan Penumbra 2023 jam berapa? Berikut jadwal dan cara melihat serta dampak bagi bumi.
Fenomena Gerhana Bulan Penumbra 2023 jam berapa? Berikut jadwal dan cara melihat serta dampak bagi bumi. /Tangkap layar: brin.go.id

BERITA DIY - Ketahui fenomena Gerhana Bulan Penumbra 2023 jam berapa, ini jadwal dan cara melihat serta dampak bagi bumi.

Sebuah fenomena alam langka Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi malam ini Jumat, 5 Mei 2023 sampai Sabtu, 6 Mei 2023 dini hari WIB.

Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Rhorom Priyantiko mengatakan Gerhana Bulan Penumbra disebabkan posisi Bulan, Bumi, dan Matahari yang hampir segaris. Tapi ketiganya tidak cukup segaris untuk menghasilkan Gerhana Bulan total.

Rhorom mengatakan Gerhana Bulan Penumbra terjadi ketika ada sebagian cahaya Matahari yang terhalang oleh Bumi, dengan kata lain Bulan masuk di bayangan penumbra Bumi.
"Saat Bulan memasuki Penumbra, terangnya berkurang secara gradual. Proses Gerhana Bulan Penumbra ini adalah posisi Bulan, Matahari, Bumi sejajar di mana Bulan hanya masuk ke bayangan penumbra Bumi," katanya.

Baca Juga: Gerhana Bulan Penumbra Adalah Apa? Ini Gambar dan Proses Terjadinya Gerhana Bulan Sebagian yang Terjadi Besok

Akibatnya saat puncak Gerhana Bulan Penumbra terjadi, Bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama.

Gerhana Bulan Penumbra 2023 bisa dilihat di wilayah Indonesia pada tengah malam mulai 5 Mei 2023 pukul 21.12 WIB hingga 6 Mei 2023 pukul 02.30 WIB.

Sementara puncak Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi pada pukul 00.22 WIB.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x