Tata Cara Sholat Gerhana Khusuf dan Doa Saat Gerhana Matahari Hibrida yang Terjadi Jelang Lebaran 2023

- 19 April 2023, 13:10 WIB
Ilustrasi. Gerhana matahari total, informasi gerhana matahari hibrida yang terjadi jelang lebaran 2023, berikut tata cara sholat khusuf dan doa gerhana matahari.
Ilustrasi. Gerhana matahari total, informasi gerhana matahari hibrida yang terjadi jelang lebaran 2023, berikut tata cara sholat khusuf dan doa gerhana matahari. /Pexels.com/@Drew Raw
 
BERITA DIY - Berikut informasi mengenai gerhana matahari hibrida yang terjadi jelang lebaran 2023, inilah tata cara sholat khusuf dan doa saat gerhana.
 
Tata cara sholat gerhana atau khusuf akan tersaji lengkap pada artikel ini, dengan doa amalan saat terjadinya fenomena gerhana matahari.
 
Fenomena gerhana matahari secara hibrida akan terjadi di Indonesia pada Kamis, 20 April 2023 atau jelang lebaran Idul Fitri 2023.
 

 
Gerhana matahari yang terjadi secara hibrida ini juga bisa diartikan proses terjadinya dua fenomena gerhana yang berbeda dalam satu kurun waktu.
 
 
Gerhana matahari hibrida terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat berada pada satu garis tata surya, yang menyebabkan gerhana matahari cincin, dan gerhana matahari total.
 

 
Maka dari itu umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah khusuf atau gerhana sebanyak dua rakaat, dan memanjatkan doa atas terjadinya fenomena kebesaran Allah SWT ini.
 
Dilansir BERITA DIY dari laman instagram @brin_indonesia pada 19 April 2023, bahwa ada sejumlah wilayah yang terdampak dan bisa disaksikan langsung oleh masyarakat, seperti Yogyakarta, Medan, dan Jayapura, dan kota lainnya kecuali sebagian wilayah utara Provinsi Aceh.
 
Dengan terjadinya fenomena langka jelang lebaran 2023 ini, Kementrian Agama atau Kemenag menghimbau masyakarat untuk melaksanakan sholat khusuf atau sholat gerhana.
 

 
 
Selain melakukan sholat gerhana, masyakarakat juga dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, takbir dan membaca doa gerhana.
 
Namun bagi masyarakat yang belum mengetahui tata cara pelaksanaan sholat gerhana atau sholat khusuf tidak perlu khawatir.
 

 
Karena pada artikel ini akan tersaji tata cara pelaksanaan sholat gerhana atau sholat khusuf, lengkap dengan doa yang bisa diamalkan ketika terjadinya gerhana.
 
Dikutip dari laman resmi IAIN Madura pada 19 April 2023, adapun berikut tata cara sholat gerhana lengkap dengan amalan doa yang bisa dibaca ketika terjadinya gerhana.
 
Tata Cara Sholat Gerhana
 
Niat Sholat Gerhana
 
أُصَلِّيْ سُنَّةً لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ اِمَامًا / مَأْمُوْمًا لِلّهِ تَعَالَى
 
Ushalli sunnatan-likhusuufi-syamsi imaaman/makmuman lillali ta'ala
 

 
Saya niat sholat sunah gerhana matahari sebagai imam atau makmum karena Allah Taala.
 
1. Takbiratul Ihram
 
2. Membaca doa iftitah
 
3. Membaca Taawudz
 
4. Membaca Al Fatihah
 
5. Membaca surat pendek, dan dianjurkan surat Al Baqarah
 
6. Ruku'
 
7. Membaca Al Fatihah ke-2
 
8. Membaca surat pendek ke-2, dianjurkan surat Ali Imran
 
 
9. Ruku' yang ke-2 
 
10. Lanjut denga sujud 2×
 
11. Berdiri untuk rakaat ke-2
 
12. Membaca Al Fatihah, dan surat pendek yang dianjurkan surat An Nisa
 
13. Ruku' , dan iktidal
 
14. Membaca Al Fatihah yang ke-2, dan surat pendek yang dianjurkan surat Al Ma'idah
 
15. Ruku', dan Iktidal

 
16. Sujud 2x
 
17. Tasyahud Akhir
 
18. Salam
 
Setelah selesai melakukan sholat gerhana, umat muslim juga dianjurkan berdzikir, mengucap takbir, dan membaca doa gerhana seperti berikut ini.
 
 
Doa Gerhana Matahari
 
Allahumma Inna nastaghfiruka innaka ghaffaro fa arsilissamaaa 'alaina midrara.
Allahumma Inna na'udzubika Mina Al dzunuubillati tamna'u ghaitsa samaai.
Wana'udzubika minadzunuubi llati tadzillul 'aizza wa tadallalu a'daai. Allahumaghfir lilmuslimiina wal muslimaati, wal mu'miniina wal mu'minaati al ahyaa i minhum wal amwaati innaka samii'un qariibun mujiibut da'waati wa qaadiyal haajati.

 
Dilanjutkan dengan membaca doa ini:
 
Alhamdulillah hamdan daaiman toohiron thoyyiban mubarokan fiih. Mil’ussamawati wa mil’ul ardhi wa mil’u maa baina huma, wa mil’u maa syi’ta min syai’in ba’du. Ahaqqo maa qoolal abdu, wa kunna laka abdun.
 
Artinya: Segala puji bagi Allah, pujian murni, baik dan diberkati-Nya. Yang memenuhi langit dan memenuhi bumi dan memenuhi apa yang ada di antara mereka dan mengisi apa pun yang Anda inginkan. (Dia) yang paling berhak memanggil hamba dan kami semua adalah hamba.
 
Demikianlah informasi mengenai gerhana matahari hibrida yang terjadi jelang lebaran 2023, inilah tata cara sholat khusuf dan doa saat gerhana.***
 

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x