Kapan Malam Nisfu Syaban Jatuh di 2023? Berikut Pengertian dan Keistimewaannya

- 6 Maret 2023, 18:45 WIB
Ilustrasi. Keutamaan malam Nisfu Syaban lengkap niat sholat doa bulan Sya'ban sebagai amalan yang bisa dikerjaan umat Islam untuk mendapatkan hikmah dari Allah SWT bersumber dari hadis.
Ilustrasi. Keutamaan malam Nisfu Syaban lengkap niat sholat doa bulan Sya'ban sebagai amalan yang bisa dikerjaan umat Islam untuk mendapatkan hikmah dari Allah SWT bersumber dari hadis. /Pexels/Masjid MABA

BERITA DIY - Berikut ini penjelasan mengenai Malam Nisfu Sya'ban mulai dari kapan jatuhnya di 2023 lengkap dengan keutamaan dan keistimewaannya.

Nisfu Sya'ban ialah salah satu peristiwa penting yang terjadi pada bulan Sya'ban. Terdapat sejumlah amalan yang dianjurkan untuk dilakukan seperti sholat dan puasa.

Namun, tidak semua umat muslim memahami apa itu malam Nisfu Sya'ban serta apa saja keutamanaan atau keistimewaan dari malam tersebut.

 

Padahal, pada malam tersebut menjadi malam yang penuh barokah bagi umat Muslim. Tak heran bila malam Nisfu Sya'ban sangat ditunggu-tunggu kedatangannya.

Baca Juga: Apa Arti Nisfu Sya'ban dan Dalilnya, Malam Nisfu Syaban Tanggal Berapa, Ini Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban

Apa itu malam Nisfu Syaban?

Allah SWT menyebutkan bahwa pada malam Nisfu Sya'ban dosa-dosa umat-Nya akan diampuni kecuali golongan orang musyrik atau orang yang bersitegang/bersengketa, sebagaimana Abu Musa Al-Asyari dari rasulullah SAW bersabda:

إن الله ليطلع في ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x