Kapan Tol Semarang - Demak Selesai Dibangun, Kapan Dibuka Seluruhnya? Ini Info Tol Demak Hari Ini

- 14 Februari 2023, 13:17 WIB
Gerbang Tol Sayung, ruas Tol Semarang - Demak. Kabar mengenai kapan tol Semarang - Demak selesai dibangun dan dibuka seluruhnya, serta info terkini pembangunan Tol Semarang - Demak.
Gerbang Tol Sayung, ruas Tol Semarang - Demak. Kabar mengenai kapan tol Semarang - Demak selesai dibangun dan dibuka seluruhnya, serta info terkini pembangunan Tol Semarang - Demak. /Instagram/@ppsemarangdemak

BERITA DIY - Berikut informasi kapan tol Semarang - Demak selesai dibangun dan dibuka seluruhnya. Cek info terkini pembangunan Tol Semarang - Demak.

Salah satu jalan tol terbaru di Tol Trans Jawa yang saat ini terus dikebut pembangunannya adalah Tol Semarang - Demak.

Tol ini sudah dimulai pembangunannya sejak tahun 2021. Teranyar, seksi 2 jalan Tol Semarang - Demak telah rampung dan sudah mulai difungsikan saat masa libur Natal dan pergantian tahun 2023.

Ruas tol resmi dibuka pada 22 Desember 2022 pukul 07:00 WIB dan pengendara yang melintas belum dikenakan tarif alias gratis.

Baca Juga: Rute Tol Jogja - Bandara YIA, Lewat Daerah Mana Saja? Ini Link PDF Peta jalan Tol Jogja - Solo - YIA

Mengutip dari laman pu.go.id, tol Semarang - Demak akan memiliki panjang 26,95 km yang dibangun dalam 2 seksi melalui skema Kerja Sama Badan Usaha dengan Pemerintah (KPBU), yakni Seksi 1 untuk ruas Semarang/Kaligawe-Sayung sepanjang 10,39 km menjadi porsi pemerintah (APBN) dengan kebutuhan biaya Rp10 triliun.

Sementara Seksi 2 untuk ruas Sayung-Demak sepanjang 16,31 km porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Pembangunan Perumahan Semarang Demak.

Adapun saat ini seksi 1 telah dilaksanakan kontrak dengan paket pekerjaan peninggian Jembatan Kaligawe, elevated freeway, dan pile slab untuk 1A; pekerjaan tanggul laut dan jalan utama, On/Off Ramp, Jembatan Kali Babon dan Sayung serta rest area dan Gerbang Tol untuk 1B; pembangunan Kolam Retensi Terboyo (± 189 Ha) dan Sriwulan (± 28 Ha), Rumah Pompa Terboyo dan Sriwulan untuk 1C.

Progress Pembangunan Tol Semarang - Demak

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x