Gempa Pacitan Hari Ini Terasa di Jogja - Malang, BMKG Ungkap Penyebab dan Pusat Gempa, Ternyata Megathrust

- 9 Januari 2023, 20:26 WIB
Info gempa Pacitan hari ini terasa di Jogja - Malang. BMKG ungkap penyebab dan pusat gempa, ternyata megathrust.
Info gempa Pacitan hari ini terasa di Jogja - Malang. BMKG ungkap penyebab dan pusat gempa, ternyata megathrust. /Twitter.com/@infoBMKG

BERITA DIY - Simak info gempa Pacitan hari ini terasa di Jogja - Malang. BMKG ungkap penyebab dan pusat gempa, ternyata megathrust.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6, yang diperbarui menjadi manitudo 5,4, hari ini mengguncang Pacitan, Jawa Timur. Gempa terjadi Senin, 9 Januari 2023 pukul 19.26 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengungkapkan gempa Pacitan hari ini termasuk dalam gempa tektonik. Pusat gempa berada di laut.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,93° LS ; 111,13° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 70 km arah selatan Kota Pacitan, Jawa Timur, pada kedalaman 59 km,” kata Daryono dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: UPDATE! Info Gempa Terkini 9 Januari 2023 Magnitudo 5,6 Cek Titik Pusat Gempa Terasa Hingga Jogja dan Magetan

Ia pun mengungkap penyebab gempa Pacitan hari ini. Disebutkan gempa Pacitan hari ini terjadi karena adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia. 

Aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ini menunjam naik atau thrust fault di bawah lempeng Eurasia. Gempa Pacitan hari ini dikatakan termasuk megathrust.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal,” tutur Daryono.

Meski berada di laut, BMKG memastikan gempa Pacitan hari ini tak berpotensi menimbulkan tsunami. Hingga pukul 19.46 WIB, BMKG belum mencatat adanya gempa susulan.

Halaman:

Editor: F Akbar

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x