Arti Level Awas Status Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur yang Meletus Hari Ini

- 4 Desember 2022, 18:45 WIB
Apa arti level awas atau level 4 status Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur yang meletus hari ini Minggu, 4 Desember 2022.
Apa arti level awas atau level 4 status Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur yang meletus hari ini Minggu, 4 Desember 2022. /ANTARA FOTO/SAMSUL ARIFIN

BERITA DIY - Berikut apa arti level awas atau level 4 status Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur yang meletus hari ini Minggu, 4 Desember 2022.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Semeru dari 'siaga' menjadi 'awas' terkait aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut.

Dengan adanya kenaikan status Gunung Merapi menjadi awas, PVMBG mengimbau agar masyarakat sekutar tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 13 km dari puncak gunung (pusat erupsi).

Dilansir dari laman BNPB, di luar jarak yang ditentukan di atas, masyarakat diharapkan tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak Gunung Semeru.

Baca Juga: Tanggal 26 Oktober 2022 Memperingati Hari Apa? Cek Peristiwa Apa Saja Ada 12Th Letusan Gunung Merapi

Apa arti level awas status Gunung Semeru

Dalam analisa aktivitas vulkanik gunung api, tiap negara punya sistem peringatan yang berbeda-beda.

Di Rusia, sistem peringatan aktivitas vulkanik gunung api menggunakan pembedaan warna.

Sementara di Indonesia sistem peringatan aktivitas gunung api menggunakan status dari level 1-4 dari aktif, normal, siaga dan awas.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x