Paracetamol Obat Untuk Apa? Simak Penjelasan, Dosis, dan Apa Saja Efek Samping yang Ditimbulkan?

- 19 Oktober 2022, 12:10 WIB
Ilustrasi. Paracetamol obat untuk apa, ini penjelasan, dosis, dan efek samping.
Ilustrasi. Paracetamol obat untuk apa, ini penjelasan, dosis, dan efek samping. /Pixabay.com/qiimono

BERITA DIY - Inilah penjelasan Paracetamol adalah obat untuk apa lengkap dengan penjelasan, dosis, dan apa saja efek samping yang bisa ditimbulkan obat itu.

Paracetamol belakangan menjadi perbincangan di dunia, hal ini terkait dengan adanya penyakit gagal ginjal akut yang dialami oleh sejumlah pasien di berbagai negara.

Salah satu negara bahkan melakukan pelarangan mengenai adanya peredaran obat dengan jenis Paracetamol yang diduga menjadi penyebab akan terjadinya gagal ginjal akut.

Pelarangan dan penarikan obat Paracetamol yang berkaitan dengan adanya sejumlah kasus gagal ginjal tersebut dilakukan oleh otoritas atau pemerintahan Gambia.

 Baca Juga: Daftar Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Bisa Dibeli di Apotik: Solusi Gigi Berlubang atau Gusi Bengkak

Pemerintah dan otoritas kesehatan di Gambia belakangan ini diketahui dilakukan penarikan dan pelarangan terhadap peredaran 4 jenis obat Paracetamol khususnya di negara Gambia.

Dari empat Paracetamol yang ditarik dan dilarang peredarannya di Gambia tersebut diketahui merupakan jenis obat dengan jenis sirup yang banyak dikonsumsi di negara tersebut.

Sedangkan untuk di Indonesia sendiri diketahui bahwa BPOM telah memulai untuk meneliti apakah benar jika Paracetamol ini memiliki efek samping dengan merebaknya gagal ginjal akut.

Lantas sebenarnya Paracetamol adalah obat apa? Simak penjelasan lengkapnya dengan dosis dan efek samping yang bisa ditimbulkan jika mengonsumsi obat tersebut.

Baca Juga: Cara Mencegah Gejala Rematik dengan Obat Herbal Alami Salah Satunya Kunyit

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x