Ini Situs untuk Cek Kebocoran Nomor Telepon dan Email, Berikut Cara Periksa Data yang Diduga Bocor

- 9 September 2022, 15:50 WIB
Ilustrasi - Ini situs untuk cek kebocoran data nomor telepon dan email, berikut cara periksa data yang diduga mengalami kebocoran tersebut.
Ilustrasi - Ini situs untuk cek kebocoran data nomor telepon dan email, berikut cara periksa data yang diduga mengalami kebocoran tersebut. /Pexels.com/Saksham Choudhary

BERITA DIY - Kebocoran data patut diwaspadai pada era modern ini, berikut ini situs yang bisa dilakukan untuk cek kebocoran data email dan nomor telepon, ini caranya.

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia mendapati kabar buruk, dimana dugaan kebocoran data telah terjadi secara berulang-ulang dan dengan skala yang luas.

Selama tahun 2022 setidaknya sudah terjadi dugaan kebocoran data yaitu kebocoran data pendaftaran nomor telepon atau kartu SIM, data pribadi pelanggan Indihome (Telkom) dan data pelanggan PT PLN.

Adanya kabar kejadian tersebut, masyarakat perlu waspada terhadap data-data pribadi yang digunakan ketika melakukan pendaftaran baik dalam bentuk fisik atau digital.

Baca Juga: Mengatasi Email Tidak Masuk Inbox: Ada 3 Pilihan Cara Bisa untuk Dicoba

Pengecekan data email dan nomor telepon secara berkala perlu dilakukan untuk menghindari kebocoran data semakin meluas dan bisa jadi disalahgunakan oleh orang lain.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia sebagai lembaga yang mengurusi bidang komunikasi dan informatika menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga data masing-masing.

Lantas bagaimana masyarakat melakukan pengecekan data pribadinya berupa nomor telepon dan email yang sering digunakan sebagai syarat yang wajib dicantumkan dalam berbagai pendaftaran pelanggan?

Berikut ini cara cek untuk kebocoran data nomor telepon.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x