Bacaan Surat Yasin Ayat 1-83 dalam Arab, Latin, dan Arti Dilengkapi Keutamaan untuk Dibaca Malam Jumat

- 18 Agustus 2022, 17:16 WIB
 Ilustrasi – Bacaan surat Yasin ayat 1-83 dalam Arab, latin, dan arti Indonesia lengkap dengan keutamaan untuk dibaca malam Jumat.
Ilustrasi – Bacaan surat Yasin ayat 1-83 dalam Arab, latin, dan arti Indonesia lengkap dengan keutamaan untuk dibaca malam Jumat. /Pexels/MATAQ Darul Ulum

BERITA DIY – Berikut adalah bacaan surat Yasin ayat 1-83 dalam Arab, latin, dan arti Indonesia dilengkapi keutamaan untuk dibaca malam Jumat.

Membaca surat Yasin biasanya dilakukan sebagian masyarakat Muslim di Indonesia baik ketika ziarah kubur, tiap malam Jumat maupun ketika ada orang meninggal dunia. Membaca Yasin di malam Jumat dilakukan setelah maghrib.

Surat Yasin adalah surat ke-36 dalam Al-Quran yang terdiri atas 83 ayat, 733 kata dan 3.068 huruf dan tergolong surat Makkiyah karena diturunkan di Makkah.

Dinamai Yasin lantaran dimulai dengan dua abjad Arab Ya Sin. Sebagaimana halnya arti tersembunyi huruf-huruf abjad Alif Lam Mim atau Nun yang terletak pada permulaan beberapa surah Al-Quran, maka arti Ya Sin termasuk dalam kategori ayat mutasyaabihat.

Membaca surat Yasin akan memberikan beberapa keutamaan sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Abu Daud berikut ini:

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Bisa Dibaca Sebelum Tahlil untuk Tahlilan dan Yasinan di Malam Jumat

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Tata cara membaca surat Yasin adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah