Paskibraka Adalah Apa, Tugas dan Beda dengan Paskibara? Daftar Nama Paskibraka Nasional 2022 HUT RI ke 77

- 16 Agustus 2022, 14:10 WIB
Pengertian apa itu Paskibara dan perbedaannya dengan Paskibraka Nasional 2022 HUT RI ke 77 Kemerdekaan Indonesia.
Pengertian apa itu Paskibara dan perbedaannya dengan Paskibraka Nasional 2022 HUT RI ke 77 Kemerdekaan Indonesia. / Tangkap layar Twibbonize.com/KursusBahasaKorea123.com

BERITA DIY - Simak informasi mengenai pengertian Paskibraka, tugas dan apa perbedaannya dengan Paskibara? Berikut daftar nama Paskibraka Nasional 2022 untuk HUT RI ke 77.

Setiap tanggal 17 Agustus, Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun Kemeredekaan RI atau HUT RI ke 77. Perayaan ini dilakukan dengan mengibarkan upacara bendera Merah Putih di lapangan atau di Istana Merdeka.

Adapun yang bertugas mengibarkan bendera merah putih adalah Paskibra dan Paskibraka. Walaupun keduanya memiliki tugas yang sama, namun terdapat perbedaan antara keduanya.

Baca Juga: Susunan Acara Upacara 17 Agustus 2022 HUT RI Kemerdekaan Indonesia, Ini Urutan Kegiatan Pengibaran Bendera

Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Sementara Paskibra yakni Pasukan Pengibar Bendera. Paskibra bertugas untuk mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdakaan Indonesia.

Paskibraka merupakan para siswa pelajar SMA/sederajat yang diseleksi untuk dipilih menjadi pasukan pengibar bendera Merah Putih pada pengibaran HUT RI 17 Agustus 2022.

Adapun kedudukan Paskibra yaitu pasukan pengibar bendera yang mengibarkan duplikat Bendera Pusaka dalam acara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yaitu kabupaten, provinsi dan nasional.

Baca Juga: 15 Twibbon 17 Agustus 2022 Keren Terbaru Ucapan Dirgahayu HUT RI ke 77 tentang Kemerdekaan Indonesia

Istilah Parkibra sendiri hanya untuk anggota yang mengikuti ekstrakurikuler di sekolah, namun tidak diutus untuk menjadi Paskibraka atau tidak lolos ketika mengikuti seleksi Paskibraka.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x