Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat Beserta Bacaan Ayat 1-10 dalam Arab, Latin, dan Arti

- 12 Agustus 2022, 09:54 WIB
Ilustrasi – Keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat beserta bacaan ayat 1-10 dalam Arab, latin, dan arti Indonesia.
Ilustrasi – Keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat beserta bacaan ayat 1-10 dalam Arab, latin, dan arti Indonesia. /PIXABAY/@Imenbonoise

BERITA DIY – Berikut merupakan keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat beserta bacaan ayat 1-10 dalam Arab, latin, dan arti Indonesia.

Hari Jumat merupakan hari yang sangat mulia di sisi allah SWT. Hari itu merupakan hari yang dipilih oleh Allah SWT sebagai hari raya mingguan bagi kaum muslimin.

Salah satu amalan yang cukup sering dilakukan oleh umat muslim adalah membaca surat Al-Kahfi ketika hari Jumat.

Surat Al-Kahfi merupakan surat ke-18 dalam urutan mushaf Al-quran. Surat ini diturunkan di Kota Mekkah sehingga termasuk golongan surat Makkiyah.

Pada dasarnya, surat Al-Kahfi bisa dibacakan pada hari apa saja. Namun, ada yang spesial jika dibacanya pada hari Jumat.

Baca Juga: Bacaan Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 dalam Arab, Latin, dan Arti Dilengkapi Keutamaan Membaca di Malam Jumat

Abdullah bin Umar RA berkata, Nabi SAW bersabda mengenai keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ "

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x