Bacaan Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 dalam Arab, Latin, dan Arti Dilengkapi Keutamaan Membaca di Malam Jumat

- 11 Agustus 2022, 17:37 WIB
Ilustrasi – Bacaan surat Al-Kahfi ayat 1-10 dalam Arab, latin, dan arti Indonesia dilengkapi keutamaan dibaca di malam Jumat.
Ilustrasi – Bacaan surat Al-Kahfi ayat 1-10 dalam Arab, latin, dan arti Indonesia dilengkapi keutamaan dibaca di malam Jumat. /PIXABAY/@Imenbonoise

BERITA DIY – Berikut merupakan bacaan surat Al-Kahfi ayat 1-10 dalam Arab, latin, dan arti dilengkapi keutamaan membaca di malam Jumat.

Jumat sebagai Sayyidul Ayyam atau rajanya hari adalah momen yang tepat untuk memperbanyak kepada Allah SWT.

Di antara amalan-amalan ibadah yang cukup sering dilakukan oleh umat Islam adalah membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat dan hari Jumat.

Surat Al-Kahfi merupakan surat ke-18 serta juz 15 dalam Al-quran yang terdiri atas 110 ayat dan termasuk surat-surat Makkiyah.

Baca Juga: Bacaan Surah Al Kahfi Ayat 1-10 dalam Arab, Latin, dan Artinya: Lengkap Keutamaan Dibaca di Malam Jumat

Abdullah bin Umar RA berkata, Nabi SAW bersabda mengenai keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ "

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

Selain keutamaan di atas, surat Al-Kahfi juga memiliki keutamaan untuk orang yang menghafal 10 ayat pertama dari surat ini, yaitu akan terjaga dari fitnah Dajjal. Hal itu tertulis dalam kitab shahih muslim.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x