Bacaan Niat Puasa Asyura, 10 Muharram atau Senin 8 Agustus 202: Arab, Latin, dan Arti Bahasa Indonesia

- 8 Agustus 2022, 02:00 WIB
Ilustrasi - Ketahui bacaan niat Puasa Asyura pada Senin 8 Agustus 2022 dalam Bahasa Arab, latin, dan arti Bahasa Indonesia.
Ilustrasi - Ketahui bacaan niat Puasa Asyura pada Senin 8 Agustus 2022 dalam Bahasa Arab, latin, dan arti Bahasa Indonesia. /UNSPLASH/Masjid MABA

BERITA DIY - Inilah bacaan niat Puasa Asyura lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan juga arti dalam Bahasa Indonesia yang dapat dilaksanakan pada hari ini Senin 8 Agustus 2022 atau 10 Muharram.

Puasa Asyura merupakan salah satu ibadah puasa yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan Muharram atau yang lebih tepatnya dapat dilaksanakan pada 10 Muharram.

Dengan demikian Puasa Asyura yang merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan tersebut, maka dapat dilaksanakan pada 10 Muharram 1444 H atau yang bertepatan dengan Senin 8 Agustus 2022 hari ini.

Pasalnya, berdasarkan pada hukum melaksanakannya, Puasa Asyura ini memiliki hukum yaitu Sunnah untuk dilaksanakan bagi ummat Islam yang dapat melaksanakan ibadah tersebut.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Asyura 10 Muharram Tulisan Latin dan Arti Bahasa Indonesia, Puasa Sunnah 8 Agustus 2022

Meskipun bersifat sunnah untuk dilaksanakan, ibadah Puasa Asyura ini memiliki sejumlah keutamaan yang bisa didapatkan oleh umat Islam yang akan menjalankannya.

Mengenai keutamaan yang dimiliki dalam menjalankan ibadah Puasa Asyura ini, pasalnya ibadah puasa tersebut disebutkan memiliki derajat yang mulia setelah ibadah Puasa Ramadhan seperti yang diriwayatkan dalam Hadits berikut ini:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعدَ الفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ. (رواه مسلم)

Arti:

"Rasulullah saw bersabda: Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” HR Muslim

Baca Juga: Bacaan Doa Asyura Malam 10 Muharram Lengkap Niat dan Doa Buka Puasa Sunnah Senin, 8 Agustus 2022

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x