Hadits Tentang Hari Kiamat dan Penjelasannya: Seperti Apa Tanda yang Akan Muncul di Hari Akhir Itu

- 30 Juli 2022, 20:00 WIB
Ilustrasi - Seperti apa tanda kiamat berdasar pada Hadits.
Ilustrasi - Seperti apa tanda kiamat berdasar pada Hadits. /PIXABAY/@hmzasefaa

BERITA DIY - Simak Hadits tentang hari kiamat dan penjelasannya lengkap dengan seperti apa tanda-tanda yang akan muncul menjelang hari akhir tersebut.

Dalam agama Islam, salah satu yang dipercayai atau diimani adalah akan datangnya hari akhir dari kehidupan di dunia atau yang juga disebut dengan hari kiamat.

Sesuai dengan sifatnya, kiamat sendiri terbagi menjadi 2 jenis, atau yang dikenal dengan adanya Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra yang akan dialami oleh umat manusia.

Penjelasan mengenai kiamat berdasarkan pada sifatnya seperti Kiamat Sugra merupakan kiamat kecil yang ditandai dengan adanya seperti bencana alam ataupun juga peperangan.

Baca Juga: Amalan-Amalan Sunnah di Hari Jumat untuk Wanita Terbaik Sesuai Hadits Ajaran Nabi Muhammad SAW

Sedangkan mengenai kiamat Kubra adalah kiamat besar, atau yang diketahui dengan berakhirnya seluruh kehidupan di atas muka bumi atau tak ada lagi kehidupan di dalamnya.

Mengenai kapan datangnya kiamat khususnya kiamat kubra ini sendiri, dapat diketahui berdasarkan pada sejumlah tanda-tanda mendekati hari akhir atau kiamat tersebut.

Adanya tanda mendekati hari akhir atau kiamat sendiri, diketahui telah dimaktubkan dalam sejumlah Hadits riwayat tentang kiamat yang telah diriwayatkan.

Terdapat sejumlah Hadits yang membahas mengenai hari kiamat tersebut, seperti adanya berbagai kejadian atau peristiwa yang nantinya akan dialami oleh umat manusia di dunia.

Baca Juga: Doa Agar Terhindar dari Fitnah Sesuai Al Quran dan Hadits Lengkap Tulisan Arab, Latin, Arti Bahasa Indonesia

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x